[ARTIKEL] Lima Kelebihan Pendidikan Jarak Jauh


Brand Ambassador Homeschooling Kak Seto, Hetty Wardhany, mengatakan banyak cara belajar yang menarik bisa ditempuh anak-anak Indonesia. Salah satunya ialah pembelajaran jarak jauh atau yang dikenal sebagai distance learning.

"Sejak 2013 saya memulai meneliti mengenai distance learning. Hal ini dikarenakan sejak SMA saya mengikuti homeschooling dan kuliahpun demikian. Meski niat saya ini demi sebuah kebaikan dan kemajuan bangsa, tidak jarang orang yang understimate terhadap sistem pendidikan jarak jauh. Namun, saya merasa ada suatu hal yang perlu dibangun untuk suatu kemajuan bangsa. Di-support dengan kemajuan IT dan pengaruh globalisasi jangan sampai negara kita tertinggal oleh negara-negara berkembang lain," kata Hetty.

Aktivis pergerakan sosial untuk anak-anak kurang mampu dan putus sekolah, Hugo Hatta, itu, kemudian menjelaskan apa sajakah benefit dari sistem pendidikan jarak jauh.

Dari segi edukasi, pada dasarnya manusia adalah pembelajar sejati dan sepanjang masa

Belajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Begitulah sistem homeschooling. Sistem ini memberikan alternatif bagi anak-anak yang ingin sekolah sambil bekerja spt selebritis Indonesia tak jarang yang mengikuti pendidikan dengan sistem ini. Dan sistem ini merupakan upaya alternatif bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus. Tidak semua anak-anak dilahirkan dalam kondisi normal.

Independen

Sistem ini mengajak anak-anak untuk bersikap mandiri dalam mencari bahan ajar agar siap berkompetisi diranah sekolah. Jadi siapa yang rajin membaca dan browsing internet tentang keilmuannya akan lebih banyak pengetahuan.

Health

Ya, secara mental memang sistem ini lebih mengedepankan kesehatan mental. Menghindari praktik bullying dan cybercrime. Bagi para siswa Homeschooling terutama di Homeschooling Kak Seto memiliki layanan advokasi dan konseling terpadu sehingga anak tidak depresi dalam menghadapi rekan-rekan di sekolah asalnya yang suka nge-bully.

Freedom

Sistem pendidikan jarak jauh tidak membatasi anak-anak yang kerja sambil sekolah seperti selebritis yang harus shooting kejar tayang. Bayangkan bagaimana kesehatan dan fokusnya jika dia sekolah di sekolah formal, akan kurang fokus.

Family and love

Kenapa dibilang poin ini keluarga dan cinta? Ya, semakin mengenal sistem pendidikan ini ada sebuah ikatan erat dengan keluarga lebih erat. Cinta antara ibu dan anak semakin terbangun karena tidak sedikit siswa Homeschooling Kak Seto yang menjadi guru privatnya adalah orangtuanya sendiri.

Pendidikan dengan sistem ini sangat mendukung anak-anak yang berkebutuhan khusus, anak dengan korban kasus bullying,sakit (sehingga tidak bisa sekolah formal), dan bisa juga karena kesibukan dalam bekerja.

Comments