[ARTIKEL] Pembaharuan sistem pendidikan, kunci tingginya kualitas SDM


Pendidikan adalah isu yang sangat penting di Indonesia, mengingat majunya sebuah bangsa dapat dicerminkan dari sumber daya manusia di dalamnya yang juga berkualitas.

Secara lebih detil lagi, sebuah negara yang mampu berpartisipasi aktif dalam bidang ekonomi, politik, serta budaya di tingkat regional maupun internasional, membutuhkan kualitas sumber daya manusia yang tinggi. Hal ini wajib hukumnya, karena persaingan tenaga-tenaga kerja dari berbagai negara lain di dunia juga tak mudah.

Namun apakah Indonesia telah memiliki kualitas sumber daya manusia yang sedemikian rupa?

Jawabannya jelas masih belum. Cakupan pendidikan di Indonesia yang masih belum merata dari Sabang dari Merauke saja, sudah bisa menggambarkan belum siapnya sumber daya manusia Indonesia dalam berpartisipasi secara global. Kurangnya fasilitas pendidikan adalah penyebab utama masih rendahnya kualitas pendidikan. Hal ini jadi isu utama mengingat di berbagai negara maju, pendidikan yang terfasilitasi jadi salah satu prioritas utama.

Faktor lain yang juga penting adalah penerapan sistem dan teori-teori pendidikan yang tak lagi relevan di masa sekarang. Selama berpuluh-puluh tahun, metode pendidikan kita menerapkan teori-teori lama, yang cenderung menghasilkan pekerja industri dan profesional di bidang tertentu.

Hal ini mungkin baik dan terbukti menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, namun ada beberapa kelemahan mendasar pada sistem ini. Sistem ini kurang mendukung semangat masyarakat untuk menjadi kreatif dan inovatif, serta kurang 'menggembleng' sumber daya manusia untuk memiliki jiwa wirausaha. Selain itu, sumber daya manusia terlalu terfokus ke 'hardskill,' tanpa diimbangi 'softskill' yang mumpuni.

Padahal hal ini seharusnya bisa dimaksimalkan sebaik mungkin, terlebih lagi teknologi informasi dan telekomunikasi sedang berkembang juga di Indonesia. Melalui kemajuan teknologi, solusi-solusi yang dibutuhkan untuk membenahi pendidikan Indonesia, baik dari segi fasilitas maupun sistem, semua bisa dipelajari melalui internet. Hal ini akan sangat membantu naiknya kualitas pendidikan, asal fasilitas pendidikan harus jadi prioritas pemerintah untuk dipenuhi.

Tentu banyak contoh sistem pendidikan di negara lain yang bisa diterapkan polanya dalam sistem pendidikan kita. Beberapa sistem bahkan mendapat perhatian dari dunia karena tak terlalu membebani siswa dalam belajar, namun tetap efektif menelurkan sumber daya yang berkualitas. Tentu hal ini harus segera dilakukan agar tantangan-tantangan yang dihadapi dalam dunia pendidikan menemukan solusi yang efektif.

Comments