[INFO] 10 Kampus Yang Terbanyak Melahirkan Peraih Nobel


Penghargaan Nobel merupakan penghargaan yang diberikan kepada mereka yang telah melakukan penelitian yang luar biasa. Beberapa kampus di dunia ini, nyatanya mampu menghasilkan banyak alumni yang meraih penghargaan bergengsi tersebut.

Salah satunya seperti Harvard University yang telah memenangkan Nobel Prize sebanyak 151 penghargaan. Bahkan Barack Obama juga pernah menjadi pemenang Nobel pada 2009. Juga University Of California yang telah memenangkan penghargaan bergengsi ini sebanyak 69 kali oleh para alumninya.

Dilansir dari laman Best Master Programme, inilah daftar kampus dunia yang telah memenangkan Nobel Prize terbanyak di dunia. Kampus-kampus ini juga masuk dalam deretan kampus top dunia, sehingga tidak heran jika para alumninya bisa mengharumkan almamater mereka sampai meraih penghargaan kelas dunia tersebut.

Harvard University

Kampus ini telah berhasil menjadi kampus yang paling banyak mengantongi penghargaan Nobel dari para alumninya. Seperti Barack Obama pada 2009, Theodore Roosevelt pada 1906, sampai A Gore pada 2007. Terhitung terdapat 151 Nobel Prize yang diterimanya.

Columbia University

Didirikan sejak 1754, kampus yang terletak di Amerika Serikat ini juga telah berhasil memenangkan peghargaan Nobel. Terhitung sebanyak 101 penghargaan berhasil diraihnya.

University of Cambridge

Kampus ini banyak berkontribusi pada bidang matematika dan ilmu pengetahuan. Tidak heran jika kampus ini banyak melahirkan peraih-peraih penghargaan Nobel seperti Ernest Rutherford, Niels Bohr, sampai Abdus Salam. Nobel Prize yang berhasil diraih sebanyak 90 penghargaan.

University of Chicago

Sejak didirikan pada 1890, Universitas Chicago telah memenangkan penghargaan Nobel. Terhitung sebanyak 89 penghargaan berhasil dikantongi. Sejumlah nama yang memenangkan peghargaan tersebut di antaranya Bertrand Russell pada 1950 sampai Milton Friedman pada 1976.

Massachusetts Istitute of Technology (MIT)

Kampus ini dikenal sebagai penyumbang para pioneer teknik dan ilmu fisika. MIT sangat selektif dalam memilih calon mahasiswanya. Mereka memprioritaskan mahasiswa yang tertarik untuk mempelajari bidang teknik, teknologi, sampai penelitian ilmiah.

University of California

Kampus ini merupakan institusi pendidikan tertua dan telah berdiri sejak 1868. Penghargaan Nobel yang berhasil diraih oleh para alumninya mencapai 69 penghargaan.

University of Oxford

Sebagai kampus berbahasa Inggris tertua di dunia, Oxford juga telah melahirkan banyak penerima penghargaan Nobel. Sebanyak 58 kali kampus ini pernah menyabet Nobel Prize oleh para alumninya.

Stanford University

Beberapa nama seperti Alvi E Roth dan Roger D Kornberg pernah memenangi penghargaan Nobel, di mana mereka merupakan alumni dari Standford University. Tidak hanya itu, kampus ini juga telah memenangi Nobel Prize sebanyak 58 kali.

Yale University

Kampus ini masuk dalam daftar sebagai kampus dengan alumni terbanyak yang meraih penghargaan Nobel. Terhitung sebanyak 52 penghargana berhasil diraihnya.

University of Paris

Kampus ini merupakan kampus tertua di Paris, yang telah didirikan sejak abad ke 12. Kampus ini juga telah berhasil melahirkan alumi-alumni hebat yang pernah memenangi penghargaan Nobel sebanyak 51 kali.

Comments