[INFO] 10 Negara Tempat Kuliah Terbaik


Beberapa negara menjadi favorit pelajar internasional untuk menempuh studi. Tidak hanya kualitas pendidikan tinggi yang unggulan, negara tersebut juga memberikan perasaan nyaman bagi para perantau, termasuk mahasiswa asing. Berikut ini adalah sepuluh negara yang patut menjadi tempat kuliah terbaik.

Amerika Serikat

Dengan 30 perguruan tinggi yang masuk dalam jajaran 100 kampus top dunia, predikat negara dengan pendidikan terbaik sejagat layak disematkan ke negeri pimpinan Donald Trump ini.

Inggris

Negara pimpinan Ratu Elizabeth II ini menjadi negara dengan pendidikan terbaik selanjutnya. Sebanyak 18 perguruan tinggi masuk dalam 100 besar kampus terbaik dunia.

Jerman

Dengan rangking tinggi yang dimiliki Technische Universität München, Jerman menjadi tempat yang paling diinginkan oleh siswa untuk belajar. Bahkan pada 2014, Jerman memberikan akses pendidikan secara gratis.

Australia

Tidak mengejutkan jika Australia masuk sebagai negara dengan pendidikan terbaik di jenjang perguruan tinggi. Beberapa kampus di negara ini selain berhasil memiliki reputasi akademik yang tinggi juga fakultas internasional yang dimilikinya berkelas dunia.

Kanada

Negara ini masuk ke dalam jajaran negara dengan pendidikan terbaik mengingat tiga perguruan tingginya berhasil masuk dalam top 50 kampus terbaik dunia. Kanada bisa menjadi alternatif bagi pendidikan yang lebih terjangkau dari Amerika serta proses pendaftaran yang cukup sederhana.

Prancis

Ibu kotanya yakni Paris menjadi kota pelajar di dunia. Kota pusat mode dunia ini adalah rumah bagi dua kampus terbaik Prancis, yaitu Ecole Normale Supérieure, Paris dan Ecole Polytechnique.

Belanda

Negara Kincir ini menempatkan lima perguruan tingginya dalam daftar 100 kampus terbaik dunia. Di antara kampus tersebut adalah University of Amsterdam dan Maastricht University. Sebagian besar program sarjana di Belanda ditawarkan dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

China

Tsinghua University menjadi salah satu kampus terkenal dan elite di China. Selain itu, ada juga institusi pendidikan lainnya yang masuk jajaran kampus dunia seperti Peking University.

Korea Selatan

Sama halnya dengan Jepang, Korsel juga memiliki berbagai perguruan tinggi yang masuk dalam jajaran kampus top dunia. Sebut saja, Seoul National University (36) dan Korea Advanced Institute of Science & Technology (KAIST, peringkat 43). Ibu kotanya, yakni Seoul, menempati peringkat 10 sebagai kota pelajar di dunia.

Jepang

Negara ini menempatkan dua perguruan tinggi dalam jajaran kampus top dunia versi QS University Rankings. Dalam daftar tersebut, Tokyo juga dinobatkan menjadi kota terbaik ketiga bagi para pelajar internasional dengan rasio mahasiswa dan populasi umum cukup rendah.

Comments