[INFO] 5 Negara Dengan Biaya Pendidikan Termurah di Dunia


Kamu punya mimpi untuk melanjutkan kuliah di luar negeri namun tidak punya dana? Tenang saja, banyak jalan yang bisa kamu tempuh mulai dari mencari beasiswa pemerintah hingga beasiswa lembaga non pemerintah.

Tapi, untuk urusan biaya hidup, tidak semua negara tujuan ramah bagi kantong pelajar Indonesia. Tapi, khusus untuk kamu yang memang sedang menimbang rencana melanjutkan kuliah di luar negeri, artikel ini akan membantumu.

Sebab, artikel ini memaparkan negara-negara dengan biaya pendidikan yang cukup terjangkau. Mau tahu negara apa saja yang memiliki biaya pendidikan termurah di dunia? Seperti dikutip dari timesighereducation,berikut ini jawabannya:

India

Negara yang mayoritas masyarakatnya beragama Hindu ini menjadi negara dengan biaya pendidikan termurah di dunia. Biaya rata-rata tahunan untuk menempuh pendidikan tingkat tinggi di India adalah 3,6 ribu pounds.

India menjadi salah satu negara yang memiliki pendapatan per kapita kategori rendah yaitu senilai US$ 1.688 per tahun. Namun, biaya hidup di India murah sehingga dalam menjalani masa studi di India kamu tidak akan dipusingkan mengenai urusan biaya hidup.

Rusia

Rusia terkenal sebagai salah satu negara yang warganya memiliki sikap kurang bersahabat kepada orang asing. Hal ini tidak lain dikarenakan sifat asli orang-orang Rusia yang kaku dan keras. Namun di luar itu, Rusia bisa menjadi pilihan terbaik apabila kamu ingin melanjutkan studi di luar negeri.

Alasannya, negara yang masuk wilayah Eropa Timur ini dikenal memiliki sistem edukasi yang hebat tetapi juga tidak mahal. Biaya rata-rata untuk melanjutkan studi di Rusia adalah sekitar 4,4 ribu pounds.

Denmark

Denmark, negara dengan sistem pemerintahan monarki ini juga pilihan yang tepat apabila kamu ingin melanjutkan studi di Eropa. Pendapatan per kapita Denmark yang tergolong tinggi yaitu senilai US$ 45 ribu seringkali membuat orang beranggapan biaya studi di Denmark akan mahal.

Padahal, apabila dibandingkan dengan negara maju lainnya di Eropa dan bahkan di seluruh dunia, biaya kuliah di Denmark termasuk murah. Biaya rata-rata tahunan yang perlu dikeluarkan kalau kamu ingin melanjutkan kuliah di Denmark sekitar 5,8 ribu pounds.

Meksiko

Negara bekas jajahan Spanyol yang merdeka semenjak tanggal 16 September 1810 ini memiliki 47 Universitas Negeri dan 14 Universitas Swasta. Meksiko juga dikenal ramah bagi mahasiswa asing yang ingin melanjutkan kuliah.

Sebab, untuk urusan biaya, Meksiko sangat terjangkau. Biaya rata-rata yang harus dikeluarkan mahasiswa untuk kuliah di negeri ini hanya mencapai 6,1 ribu pounds per tahun.

Spanyol

Spanyol adalah negara dengan biaya pendidikan rendah namun memiliki kualitas pendidikan di atas rata-rata. Negara yang terkenal dengan University of Barcelona tersebut memiliki biaya pendidikan yang bahkan lebih murah dibandingkan Indonesia.

Biaya pendidikan perguruan tinggi negeri di Spanyol hanya senilai 6,6 ribu pounds per tahun atau lebih murah 1,7 ribu pounds dibandingkan Indonesia.

Comments