[INFO] Deretan Universitas Terbaik di Dunia

Bisa kuliah di luar negeri dianggap sebagai sebuah kebanggan dan dapat menaikkan gengsi. Apalagi jika kuliah dengan bekal beasiswa dan terdaftar di universitas dengan reputasi terbaik di dunia. Inilah daftar universitas terbaik di dunia tahun 2016 yang bisa kamu pilih.

Reputasi sebuah universitas memang terkadang dianggap lebih penting daripada kualitas lulusan saat sudah memasuki dunia kerja. Namun reputasi tersebut bernilai subjektif karena tergantung pada persepsi masyarakat.

Tapi Times Higher Education baru saja merilis peringkat universitas-universitas terbaik di dunia berdasarkan beberapa kriteria yakni kualitas pengajaran, penelitian, dan predikat akademik. Berikut 24 universitas yang namanya diperhitungkan berdasarkan reputasi dan kualitas pendidikan yang sebenarnya. Apakah Indonesia termasuk ke dalam salah satunya?

London School of Economics, Inggris — 14.8


Peringkat penelitian dan kualitas pengajaran: 23

Peringkat buntut sekaligus salah satu dari universitas di Inggris yang masuk ke dalam daftar ditempati oleh LSE. Reputasi LSE berasal dari kualitas penelitian dan pengajaran, ditambah lokasinya yang berada di tengah London menjadi magnet bagi mahasiswa internasional. Jumlah mahasiswa asing di LSE mencapai 70 persen dari keseluruhan populasi mahasiswa. Pada 2014, sebuah studi menyatakan jika LSE memimpin proporsi tertinggi jumlah penelitian dibandingkan universitas-universitas di Inggris lainnya.

University of Toronto, Kanada — 15.4


Peringkat penelitian dan kualitas pengajaran: 19

Sebagai universitas paling bereputasi di Kanada, Toronto memegang peran penting dalam kemajuan dunia. Di sinilah di mana insulin pertama kali digunakan untuk mengobati diabetes dan di mana sel stem ditemukan. Semangat penemuan ini masih berlanjut hingga hari ini. Penemuan terbaru yang dihasilkan ilmuwan-ilmuwan Toronto antara lain energi matahari, kriptografi kuantum, dan deteksi suara pada mesin pencarian komputer.

Johns Hopkins University, Amerika — 15.6


Peringkat penelitian dan kualitas pengajaran: 11

Dengan empat kampus di Baltimore dan selebihnya di Maryland, nama Universitas John Hopkins diambil dari seorang dermawan, pengusaha Amerika, dan aktivis perbudakan asal Amerika John Hopkins. Universitas ini terkenal karena hasil penelitian yang bermanfaat untuk dunia. Presiden Woodrow Wilson belajar di sini, begitu juga dengan 36 peraih penghargaan Nobel.

Peking University, China — 15.9


Peringkat penelitian dan kualitas pengajaran: 42

Sebagai universitas modern yang pertama kali berdiri di China, Universitas Peking memegang peranan penting dalam kemajuan China. Universitas Peking juga terkenal karena memiliki bangunan yang indah dan memgusung arsitektur tradisional China. Tak hanya itu saja, sebanyak 400 alumni menduduki pimpinan lembaga pemerintahan mulai dari presiden hingga menteri dibandingkan universitas di China lainnya.

University College London, Inggris — 16.6


Peringkat penelitian dan kualitas pengajaran: 14

Dengan mahasiswa yang berasal dari lebih dari 150 negara di dunia, jumlah mahasiswa asing di UCL menempati sepertiga dari total mahasiswa dunia. UCL juga menjadi universitas pertama yang mengakui persamaan hal wanita pada tahun 1879. Sebanyak 29 peraih Nobel dan 53 anggota Kerajaan Inggris pernah belajar di sini.

Swiss Federal Institute of Technology Zurich, Swiss — 17.3


Peringkat penelitian dan kualitas pengajaran: 9

Sebagai satu-satunya universitas Eropa non-Inggris yang masuk ke dalam daftar, Swiss Federal Institute of Technology Zurich tekenal sebagai dedikasinya di bidang teknologi dan ilmu pasti. Sebanyak 21 peraih Nobel pernah belajar atau melakukan penelitian di sini dan 80 paten yang dikukuhkan per tahun menempatkan Swiss Federal Institute of Technology Zurich sebagai universitas kelas dunia. (Baca juga: 5 Negara Dengan Biaya Pendidikan Termurah di Dunia)

Tsinghua University, China — 17.5


Peringkat penelitian dan kualitas pengajaran: 47

Didirian lebih dari seabad lalu, reputasi Tsinghua berasal dari kualitas pengajaran dan perannya sebagai pusat penelitian. Dengan motto ‘Disiplin dan Komitmen Sosial’, Tsinghua diperhitungkan sebagai universitas paling prestisius nomor dua di Asia.

Cornell University, Amerika — 17.8


Peringkat penelitian dan kualitas pengajaran: 18

Cornell University telah menghasilkan 45 peraih penghargaan Nobel baik sebagai anggota fakultas maupun alumnni. Berdiri sejak tahun 1865, universitas ini masih menyelenggarakan tradisi berusia ratusan tahun termasuk ‘Dragon Day’, yakni parade naga keliling kampus sebelum dibakar dalam ritual tertentu.

University of Pennsylvania, Amerika — 18.4


Peringkat penelitian dan kualitas pengajaran: 17

Terletak di sebelah selatan Philadelphia, salah satu kota paling bersejarah di Amerika, University of Pennsylvania telah ada sejak 1740. Di sinilah lahir 25 peraih penghargaan Nobel termasuk fisikawan Raymond Davis Jr dan ekonom Lawrence Klein.

Imperial College London, Inggris — 19.6


Peringkat penelitian dan kualitas pengajaran: 8

Imperial merupakan pusat ilmu pasti. Ini tak terlepask dari niat Pangeran Albert yang ingin menjadikan Kensington Selatan sebagai pusat dari pendiudikan dunia. Terdapat banyak museum di sekitar area Imperial. Sebanyak 14 peraih penghargaan Nobel pernah belajar di sini.

University of Michigan, Amerika — 21.2


Peringkat penelitian dan kualitas pengajaran: 21

Presiden Ford dan co-founder Google Larry Page adalah sebagian kecil dari banyaknya alumni Universitas Michigan yang sukses. Jumlah mahasiswa yang mencapai 41.786 menjadikan Universitas Michigan sebagai salah satu universitas terbesar di Amerika.

University of California Los Angeles, Amerika — 23.6


Peringkat penelitian dan kualitas pengajaran: 16

UCLA terkenal dengan kualitas mahasiswa. Mereka bahkan mengajukan proyek penelitian sejak di tahun pertama kuliah. Ini artinya lebih dari setengah lulusan UCLA telah berpengalaman dalam penelitian di bidang kemanusiaan dan ilmu sosial.

University of Tokyo, Jepang — 24.3


Peringkat penelitian dan kualitas pengajaran: 43

Sebagai universitas non bahasa Inggris paling terkenal di dunia, reputasi Universitas Tokyo mungkin melebihi kualitas pengajaran dan penelitian yang dihasilkan. Kendati demikian, Universitas Tokyo tetap menjadi pusat dari ilmu pasti dan teknik. Sayangnya jumlah mahasiswa asing hanya menempati 10 persen dari total mahasiswa.

University of Chicago, Amerika — 23.6


Peringkat penelitian dan kualitas pengajaran: 10

Universitas Chicago didirikan dengan sumbangan US$600.000 dari taipan minyak JD Rockefeller pada tahun 1890 dan sejak saat itu terkenal karena dedikasinya pada ilmu pengetahuan. Universitas Chicago memiliki luas kampus hingga 210 are dengan bangunan utama meniru Oxford.

California Institute of Technology, Amerika — 26.7


Peringkat penelitian dan kualitas pengajaran: 1

Kebalikan dari Universitas Tokyo, meski California Institute of Technology menempati nomor satu dari segi penelitian dan kualitas pengajaran, sayangnya reputasi universitas ini tidak terlalu terkenal. Meski demikian, California Institute of Technology tetap masuk 10 besar versi Times Higher Education.

Columbia University, Amerika


Peringkat penelitian dan kualitas pengajaran: 15

Fans Ghostbusters pasti mengenali universitas yang terletak di New York ini pada pembukaan film. Meski dijadikan tempat syuting film, Uiversitas Columbia tidak kehilangan kualitasnya. Prediden Roosevelt Presidents dan Alexander Hamilton belajar di sini.

Yale University, Amerika — 36.4


Peringkat penelitian dan kualitas pengajaran: 12

Sering dianggap sebagai saingan berat Harvard, kualitas Yale ternyata tidaklah sehebat reputasinya. Namun Yale tetap dianggap sebagai salah satu universitas paling bergengsi di dunia karena telah menghasilkan lima presiden Amerika::William Howard Taft, Gerald Ford, George H. W. Bush, Bill Clinton, George W. Bush—enam jika Hillary Clinton terpilih pada pemilu November nanti.

Princeton University, Amerika — 38.1


Peringkat penelitian dan kualitas pengajaran: 7

Dikenal sebagai universitas dengan arsitektur paling cantik se-Amerika, kualitas pendidikan di Princeton menyamai reputasinya. Presiden James Madison adalah salah satu alumninya yang paling terkenal.

University of California Berkeley, Amerika — 62.7


Peringkat penelitian dan kualitas pengajaran: 13

Lulusan Berkeley nampaknya harus memahami jika reputasi universitas mereka lebih tinggi daripada kualitas pendidikan yang sebenarnya. Berkeley yang terletak di San Francisco juga terkenal karena memiliki kebun raya dan stadium olahraga berkapasitas 60.000 orang.

University of Oxford, Inggris — 67.6


Peringkat penelitian dan kualitas pengajaran: 2

Oxford menempati posisi kedua dalam bidang penelitian dan kualitas pengajaran, namun sayangnya harus puas di posisi kelima dalam hal reputasi. Meski demikian, Oxford sebagai universitas tertua di dunia karena berdiri sejak 1096 dan menghasilkan 26 Perdana Menteri Inggris tetap dianggap sebagai paling bergengsi di dunia.

University of Cambridge, Inggris — 72.2


Peringkat penelitian dan kualitas pengajaran: 4

Oxford mengalahkan Cambridge dalam hal kualitas pendidikan dan penelitan, tapi Cambridge masih menempati rangking lebih tinggi dalam hal reputasi. Cambridge juga terkenal sebagai universitas dengan persentase gender hampir imbang dengan 46 persen jumlah mahasiswi.

Stanford University, Amerika — 78.8


Peringkat penelitian dan kualitas pengajaran: 3

Naik dua peringkat dibandingkan tahun lalu, reputasi Stanford terus naik karena sumbangsihnya pada Silicon Valley. Alumninya yang paling terkenal adalah President Herbert Hoover yang belajar di sana pada tahun 1895 dan Sally Ride—wanita Amerika pertama yang keluar angkasa—lulus pada 1973.

Massachusetts Institute of Technology, Amerika — 84.1


Peringkat penelitian dan kualitas pengajaran: 5

Reputasi MIT terbentuk karena 85 peraih penghargaan Nobel merupakan alumni MIT. MIT juga unggul dalam bidang inovasi dan entrepreneur. Alumninya telah mendirikan lebih dari 30.000 perusahaan aktif yang artinya ribuan lapangan pekerjaan baru tercipta setiap tahunnya.

Harvard University, Amerika — 100.0


Peringkat penelitian dan kualitas pengajaran: 6

Harvard dianggap sebagai universitas terbaik di dunia selama enam tahun berturut-turut. Ini cukup berlawanan karena penelitian dan kualitas pengajarannya tidak menempati lima besar. Tapi hal ini tidak dianggap sebagai anomali karena masih berada diposisi enam besar. Lulusan Harvard dianggap hebat di mata masyarakat. Sebagai universitas yang usianya sudah 360 tahun, Harvard telah menghasilkan 45 peraih penghargaan Nobel dan bintang-bintang baru di dunia teknologi seperti Mark Zuckerberg.

Comments