[INFO] Gino Campagna, Edukasi Kuliner Pada Anak-Anak


Bagi yang memasang TV kabel di rumah dan senang menyimak Disney Channel, pasti akrab dengan Chef Gino Campagna. Pemilik TV Show Gino’s Kitchen ini adalah seorang chef yang memiliki hasrat kuliner tinggi dan memiliki mimpi agar anak-anak di Amerika lebih peduli dengan makanan yang baik untuk mulut dan tubuh mereka.

Chef Gino Campagna adalah chef kelahiran Parma yang telah tinggal di Los Angeles, Amerika Serikat, selama 25 tahun lamanya. Walau dia telah lama tinggal di Amerika, ciri khas Italianya tidak hilang. Seringkali dia menggunakan bahasa ibunya yaitu bahasa Italia saat berbicara. Pun, ketika ditemui di kelas memasak Culinaria bersama Modena, Bahasa Inggrisnya terdengar masih berlogat Italia.

“Alasan saya senang bekerja dengan anak-anak adalah karena saya melihat kesadaran anak-anak di Amerika tentang makanan berbeda jauh dengan anak-anak Italia. Karena latar belakang saya adalah edukator, saya merasa wajib untuk menularkan kebiasaan kuliner anak-anak Italia pada mereka,” ucap chef yang menolak dipanggil chef ini.

Sejak 20 tahun lalu, Gino Campagna memulai misinya untuk mengajari anak-anak Amerika mengapresiasi dan mengerti makanan. Dia memulainya dari mengajari anak-anak melalui kelas memasak, show, hingga akhirnya mendapatkan kesempatan untuk memandu shownya sendiri di Disney Channel. Bahkan, ketika Michelle Obama memulai program Chef Move to School, yaitu ketika chef mengedukasi anak-anak langsung di kantin sekolahnya, Gino ikut serta di dalamnya.

“Namun, pencapaian terbesar saya adalah berpartisipasi dalam reality show Born This Way. Show ini bercerita tentang perjalanan 7 remaja pengidap Down’s Syndrome yang mencari penerimaan dan kasih sayang. Saya turut mengajari mereka memasak bersama. Shownya sendiri berhasil mendapatkan Emmy Award,” kata Chef Gino.

Menurut Chef Gino, penting sekali untuk mengedukasi anak-anak tentang makanan sebagaimana anak-anak Italia belajar kuliner sejak dini. Gino berkata bahwa sejak berumur 3 tahun, ia sudah belajar membuat gnocchi, sejenis pangsit kentang dari Italia. Semakin besar, ia diajari memegang alat-alat pemotong secara aman. Tidak heran, semakin besar, makin banyak kebisaannya dalam kuliner. Sejak kecil, Gino sudah belajar membuat cake, puding, pizza, dan pasta.

“Ibu saya adalah chef di Taman Kanak-Kanak. Makanannya sangat enak, setingkat dengan restoran. Penting untuk memasak dengan baik untuk anak-anak agar mereka lebih bisa menghargai makanan,” tutup Chef Gino.

Jika ingin berkenalan lebih dekat dengan Chef Gino Campagna, kunjungi saja websitenya di www.chefgino.club

Comments