[RISET] Ingin IQ Anak Makin Tinggi? Ajari Berenang Sejak Kecil


Mengajak buah hati berenang memang menyenangkan, ya. Itu sebabnya banyak orang tua mengisi waktu di akhir pekan bersama keluarga dengan cara sehat ini. Siapa sangka ada keuntungan tak terduga di mana mengajak anak berenang sejak usia balita justru bisa membuat IQ-nya menjadi tinggi. Bagaimana penjelasannya?

Dr. Tania Nilam Sari, SpA mengatakan anak sudah bisa diajak berenang paling cepat di usia 3 bulan. Hanya saja, suhu air harus disesuaikan dengan tubuh Si Anak. Selain itu, durasi berenang juga tak bisa terlalu lama yaitu sekitar 15 menit.

"Ada penelitian bahwa IQ anak yang diajarkan berenang sejak bayi lebih tinggi dibanding yang tidak," kata Dr. Tania. Tak hanya membuat anak menjadi cerdas, gerakan bayi pada kolam renang juga mampu membuat buah hati tumbuh menjadi anak yang lebih percaya diri.

"Gerakan bayi di air mampu merangsang koneksi di sistem saraf sehingga bisa meningkatkan kecerdasan anak, termasuk juga perkembangan emosinya," tambahnya.

Sebuah penelitian di Melbourne memeriksa IQ anak yang terbiasa berenang sejak bayi. Ketika berusia 10 tahun, pakar menyimpulkan perkembangan emosional dan sosialnya lebih baik.

Dr. Tania pun menyarankan, orang tua mulailah mengenalkan anak pada air di usia dini. "Beberapa pendapat bahkan memperbolehkan bayi berenang di bawah 3 bulan dan bayi secara refleks akan menggerakkan kakinya," ucapnya.

"Gerakan selama berenang yang dilakukan rutin membantu perkembangan visual dan motorik." tutupnya.

Comments