[TIPS] Ini Cara Belajar Buat Kamu yang Telah Lulus Kuliah


Proses belajar tidak cukup hanya sampai lulus kuliah semata. Proses belajar berlaku seumur hidup. Tak ada batas usia untuk belajar apapun. Namun usai lulus kuliah, kamu mungkin bingung untuk mulai belajar sesuatu atau belajar hal baru.

Di zaman serba canggih ini, belajar bisa dari mana saja dan kapan saja. Misalnya mengikuti kelas online, belajar otodidak melalui akun Youtube, dan sebagainya. Nah, bagi kamu yang sudah lulus kuliah, tips berikut mungkin bisa membantu kamu mempelajari hal baru. Apa saja? Berikut uraiannya seperti dilansir dari laman Her Campus.

Menghadiri Acara Diskusi Publik

Acara diskusi publik kerap diadakan sejumlah institusi atau media. Biasanya, acara diskusi ini mengadakan sejumlah talkshow mengenai hal-hal baru yang mungkin belum pernah kamu tahu. Mengikuti acara diskusi publik semacam ini bisa menambah wawasan kamu dan mengasah kemampuan baru.

Ambil Kelas Online

Sekarang ini, di zaman teknologi daring berkuasa, akses internet untuk belajar semakin mudah. Kamu bisa mempelajari apa saja yang kamu inginkan di sana. Belum lagi, banyak situs yang menyediakan kursus online atau kelas online dengan beragam topik yang ditawarkan.

Ikuti Pimpinan Perusahaan yang Anda Kagumi di Media Sosial

Sosial media seperti twitter sekarang ini bisa menjadi sarana belajar yang sangat efektif. Pasalnya, setiap hari kamu mungkin tidak bisa lepas dari situs berjejaring ini. Nah, jika kamu mengagumi ilmu seseorang seperti misalnya Elon Musk, Bill Gates, atau Mark Zuckerburg, kamu mungkin perlu mengikuti atau follow akun sosial medianya. Kadangkala, ilmu baru bisa sangat mudah kamu dapatkan dari cuitan atau tulisan yang mereka tuangkan di sosmed pribadinya, lho!

Ikuti Workshop

Kamu ingin bisa meracik kopi sendiri tetapi belum pernah mengetahui ilmunya. Atau, kamu ingin memperdalam ilmu fotografi atau penulisan. Mengikuti workshop yang kerap diadakan mungkin dapat kamu coba. Pasalnya, melalui workshop kamu bisa kembali belajar seperti di masa kuliah dulu. Kamu bisa mendapatkan materi sekaligus praktiknya hanya dalam waktu singkat.

Freelance

Ingin belajar ilmu baru sekaligus mendapatkan uang? Menjadi freelancer mungkin bisa kamu coba. Menjadi freelancer juga bisa mengasah kemampuan kamu yang telah kamu ujikan semasa kuliah. Dengan menjadi freelancer, bukan hanya bisa memperdalam ilmu kuliah atau belajar ilmu baru tetapi juga bisa produktif menghasilkan uang serta menambah pengalaman untuk dicantumkan di CV nanti.

Comments