[INOVASI] Alat Peraga Sistem Pernafasan Manusia Ini Dibuat Dari Barang Bekas


Sebuah alat peraga sistem pernafasan manusia yang ada di SMPN 3 Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, dibuat dari barang bekas. Alat peraga sistem pernafasan tersebut memang bukan temuan baru tetapi ada beberapa bagian yang dimodifikasi dengan bahan yang mudah didapat. Dimana untuk bahan utamanya didominasi barang bekas berbahan plastik di antaranya bekas pulpen dan toples. Yang perlu uang hanya untuk membeli beberapa peralatan, diantaranya balon, lem dan sambungan pipa paralon berbentuk T.

Sekilas bila dilihat memang bisa langsung membuat yang melihat bisa membayangkan bagaimana sistem penapasan bekerja. Di alat peraga itu terlihat ada bagian menyerupai bentuk paru-paru dari dua balon warna merah yang menggantung di ujung pipa penghubung. Bagian menyerupai paru-paru itu berada di dalam toples plastik transparan. Toples plastik ini bagian bawahnya dibuang dan diganti dengan penutup dari bahan balon. Itu berfungsi untuk memompa udara sehingga akhirnya masuk melalui batang bekas pulpen dan penyambung pipa. Kemudian dari situ akan terlihat dua balon yang menyerupai paru-paru akan ikut bergerak kembang kempis mengikuti tekanan udara dari penutup bagian bawah toples.

Kepala SMPN 3 Murung Pudak, H Sanusi, mengatakan, dengan alat peraga ini juga bisa mengajarkan anak untuk memanfaatkan kembali barang-barang bekas. Selain itu dengan alat peraga dari bahan bekas ini juga bisa menambah alat peraga yang ada di sekolah.

Comments