[IQRA] Al Quran & Sains Jelaskan Tentang Otak Sebagai Pusat Kendali Tubuh


Penelitian yang dilakukan di zaman modern saat ini, mengungkap bahwa bagian prefrontal mengatur fungsi-fungsi khusus pada otak. Bagian ini terletak pada bagian depan tulang tengkorak.

Diambil dari berbagai sumber, ilmuwan mampu menemukan fungsi bagian ini selama kurun waktu 60 tahun terakhir. Dalam tulang tengkorak, bagian depan kepala akan ditemukan daerah frontal cerebrum (otak besar). Dalam buku Essentials of Anatomy and Physiology, menjelaskan bahwa dorongan dan hasrat untuk merencanakan dan memulai gerakan terjadi di bagian depan lobi frontal dan prefrontal.

Buku ini juga mengungkap bahwa bagian prefrontal merupakan pusat fungsional bagi perilaku menyerang. Sehingga, daerah cerebrum ini bisa dikatakan bertugas merencanakan, memberi dorongan, memulai perilaku baik dan buruk serta terkait dengan perkataan benar dan dusta.

Dalam Alquran sejak 1.400 tahun yang lalu, disebutkan tentang bagian otak tersebut di mana fungsi bagian otak ini ialah terkait dengan perilaku dan perkataan benar maupun dusta.
“Ketahuilah, sungguh jika dia tidak berhenti (berbuat demikian) niscaya Kami tarik ubun-ubunnya, (yaitu) ubun-ubun orang yang mendustakan lagi durhaka,” bunyi Surah Al-Alaq: 15-16.

Comments