[IQRA] Tujuh Lapisan Langit Menurut Al Quran dan Sains


Penelitian saat ini menemukan bahwa atmosfer Bumi terdiri dari lapisan-lapisan yang berbeda-beda. Lapisan ini memiliki perbedaan ciri-ciri fisik, seperti tekanan dan jenis gasnya.

Seperti diketahui, lapisan atmosfer yang terdekat dengan Bumi dinamakan Troposfer. Diambil dari berbagai sumber, lapisan tersebut membentuk sekira 90 persen dari keseluruhan massa atmosfer.

Kemudian, lapisan di atas Troposfer dinamakan Stratosfer. Setelah lapisan stratosfer, ada yang dinamakan Ozonosfer, yakni lapisan yang mengembalikan sebagian besar sinar ultraviolet dan radiasi berbahaya.

Kemudian ada lapisan yang dinamakan Mesosfer, Lapisan di atas Ozonosfer. Lapisan Mesosfer dijelaskan merupakan lapisan yang melindugi Bumi dari meteor yang jatuh ke Bumi. Umumnya meteor akan terbakar pada lapisan ini.

Lapisan Termosfer berada di atas lapisan Mesosfer. Lapisan Termosfer tepat berada di bawah Eksosfer, di mana pada lapisan ini radiasi ultraviolet menyebabkan ionisasi. Dinamakan Termosfer karena terjadi kenaikan temperatur yang cukup tinggi pada lapisan ini.

Lalu, bagian terluar atmosfer Bumi dinamakan Eksosfer, yang berada di ketinggian sekira 480 hingga 960 kilometer di atas permukaan Bumi.

Salah satu ayat Al Quran memberikan keterangan jelas mengenai tujuh lapis langit tersebut.
“Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di Bumi untuk kamu dan Dia berkehendak menuju langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu," Surah Al-Baqarah Ayat 29.

Comments