[RESENSI APLIKASI] Belajar Programming Dengan Lego Ala Google


Google mempunyai program yang sangat menarik untuk mengembangkan minat anak-anak terhadap dunia programming. Mereka pun menciptakan sebuah kit yang disebut dengan nama Project Bloks, bertujuan untuk memberikan sarana pembelajaran menarik ala lego kepada anak. Google pun menyebut Project Bloks ini sebagai bahasa pemrograman nyata yang bakal sangat menarik perhatian anak.

Project Bloks milik Google ini terbagi jadi tiga komponen utama. Yakni bagian puck, base board serta yang terakhir adalah brain board. Puck mempunyai fungsi individual, seperti berguna sebagai saklar on/off, sensor, penunjuk arah dan lain-lain. Puck ini pun didesain oleh Google agar bisa dibuat dan digunakan dengan mudah oleh anak.

Sementara itu base board berfungsi sebagai tempat colokan puck. Base board ini pun dilengkapi dengan sensor kapasitif yang berfungsi untuk membaca value serta instruksi yang diberikan. Selanjutnya, base board ini juga berfungsi sebagai kanal penghubung. Base board dan puck pun bisa didesain secara fleksibel untuk bisa mendesain berbagai jenis sistem.

Sementara itu brain board merupakan core system dari Project Bloks ini dan dibangun berbasiskan pada komputer mini Raspberry Pi Zero. Brain board ini pun akan memproses instruksi secara keseluruhan dan selanjutnya mengirimkan instruksi tersebut via WiFi atau Bluetooth ke perangkat eksternal.

Dalam video-nya, Google pun memperlihatkan kalau kit Project Bloks ini bisa digunakan untuk mendesain berbagai alat dengan sangat mudah. Termasuk di antaranya adalah memerintahkan robot untuk menggambar persegi secara mudah dan bisa diterima oleh anak-anak. Cek deh videonya berikut!

Comments