[RESENSI APLIKASI] Duolingo Kini Mendukung Bahasa Indonesia


Duolingo, aplikasi edukasi untuk membantu kamu belajar bahasa asing ini baru saja menambahkan dukungan bahasa untuk regional Asia. Diantaranya adalah Korea, Vietnam, Taiwan, Hongkong dan Indonesia. Ya, kini kamu dapat mengajarkan si kecil agar lebih mahir berbahasa Inggris misalnya dengan metode belajar dari Duolingo.

Program perluasan dukungan bahasa yang digagas Duolingo ini ternyata memiliki cerita yang cukup unik. Dimulai dari bulan Oktober tahun lalu, mereka mengadakan sebuah program crowdsourcing untuk merekrut para ahli bahasa dalam membentuk algoritma baru. Sekarang hasilnya sungguh berbuah manis, aplikasi ini dapat menjadi acuan belajar yang baik dan sepenuhnya gratis – tanpa iklan, tanpa in-app purchases.

Metode yang digunakan Duolingo cukup unik. Kamu akan belajar berbagai sisi dari sebuah bahasa, mulai dari membaca, mendengarkan serta berbicara. Agar tidak membosankan dan menjadi aplikasi edukasi yang ramah untuk anak-anak, sistem belajarnya diselingi dengan permainan.

Pertama kali yang harus kamu lakukan ketika menggunakan Duolingo adalah mendaftarkan akun. Bila tidak mau repot, login saja menggunakan akun Facebook atau Google+. Setelah itu pilih jenis bahasa yang ingin dipelajari yaitu Bahasa Inggris dari Bahasa Indonesia.

Nah, ini dia menariknya Duolingo. Kamu akan diminta mengikuti sebuah tes singkat untuk menentukan sejauh mana kemampuan kamu berbahasa. Nantinya level belajar yang diberikan tergantung dari hasil tes tersebut. Menyenangkan bukan, seperti belajar di tempat les..!

Belajar di Duolingo dibagi menjadi berbagai jenis dan fokus pelajaran. Semisal bagian awal adalah Basics 1, lanjut ke Basics 2, Phrases, dan seterusnya. Nantinya kamu juga dapat melihat pencapaian sebagai pemacu untuk terus belajar atau melihat perkembangan yang sudah dilakukan si kecil.

Sedang jenuh belajar? Kamu bisa memulai permainan di Duolingo yaitu bertanding melawan robot untuk menyusun kata, melawan orang atau pun bermain sendiri.


Comments