[RESENSI FILM] Freedom Writers


Inspirasi bisa datang dari mana saja. Berikut resensi film tentang kehidupan seorang guru yang berdasarkan kisah nyata, yang mungkin bisa menjadi salah satu inspirasi anda.

Sinopsis singkat :

Diangkat dari kisah nyata, Hilary Swank berperan sebagai Erin Gruwell. Gruwell adalah guru bahasa Inggris di Woodrow Wilson High School yang menerapkan program integrasi sukarela. Bagi banyak guru di sekolah tersebut, program tersebut telah menghancurkan sekolah. Sebab banyak siswa yang berprestasi diganti dengan siswa yang hanya kebetulan lulus bahkan tak bisa membaca dengan lancar.

Gruwell mendapati kenyataan siswanya terkelompok-kelompok dalam geng menurut ras mereka. Gruwell yang memutar otak menemukan cara mendekati siswanya. Ia meminta siswanya menulis jurnal harian yang tidak akan dinilai dan hanya dibaca olehnya. Gruwell juga berusaha mendapatkan sumber daya yang baik untuk mengajar meski mendapatkan perlawanan yang besar. Apa yang ia lakukan berbuah manis. Prestasi siswanya meningkat dan metodenya dipakai banyak orang yang terinspirasi dengan kisah hidupnya.

Film ini memenangkan Hilary sebagai Best International Actress di ajang penghargaan Golden Camera.

Biografi : https://en.wikipedia.org/wiki/Erin_Gruwell
Rating IMDB : 7,5/10 (http://www.imdb.com/title/tt0463998/)


Freedom Writers bercerita tentang seorang guru bernama Erin Gruwell yang di pindah tugaskan mengajar ke Long Beach, California. Sekolah tempat ia mengajar adalah sekolah yang penuh dengan masalah terutama masalah ras. Banyak sekali kasus-kasus rasisme yang terjadi di sekolahan ini. Erin adalah guru yang sangat bersemangat dalam mengajar murid-muridnya. Terlebih lagi ketika ia akhirnya mendapatkan kelas yang benar-benar memiliki banyak masalah. Dari muridnya yang rasis, tak mau mendengarkan apa kata gurunya, hingga berani melawan gurunya.

Dalam kelas itu para murid membuat grupnya sendiri. Hal ini benar-benar rasis. Apalagi jika ada masalah antar grup di kelas itu, maka bisa jadi mereka tak mau masuk kelas dan tak akan mengikuti pelajaran. Erin ingin sekali membuat para muridnya lebih baik, salah satu caranya adalah dengan memberi mereka banyak buku bacaan yang ternyata sangat kurang di sekolah itu. Tapi pihak sekolah benar-benar tak mengijinkan hal tersebut. Pihak sekolah malah menyarankan untuk membuat anak-anak itu disiplin dengan cara kekerasan.

Lalu suatu malam, dua orang muridnya yang bernama Eva dan Sindy sedang pergi ke sebuah toko. Disana peristiwa naas terjadi. Pacar Eva secara tak sengaja menembak mati kekasih Sindy. Eva pun mesti memberikan keterangan pada pihak kepolisian mengenai hal tersebut.

Lalu beberapa hari berikutnya, Ering mencoba sebuah cara untuk menaklukkan murid-muridnya yang bandel itu. Ia menceritakan pada mereka mengenai peristiwa pembantaian masal yang dilakukan oleh Nazi pada para yahudi. Dari sanalah Erin mulai mendapatkan kepercayaan dari murid-muridnya. Erin pun kemudian membelikan para murid itu beberapa buku dan mengajak mereka mengunjungi museum toleransi untuk belajar mengenai sikap toleransi. Tapi ada satu murid yang masih tak mau mendengarkan apa kata-kata Erin. Erin pun mengundang beberapa orang yahudi yang menjadi korban dari kekejian pihak Nazi. Dari sanalah, murid yang bernama Marcus yang tak mau mendengarkan kata-kata Erin mulai percaya padanya. Cara ini membuat pihak sekolah mulai menaruh kepercayaan mereka pada Erin. Film Freedom Writers adalah sebuah film drama kriminal yang rilis tahun 2007.

Comments