[RESENSI GAME] Lego Boost, Kreasi Robot Dengan Coding


Lego sebagai produsen mainan anak untuk konstruksi blok sudah menyediakan paket edukasi robot bernama Mindstorm, dan jika anda pernah bermimpi bahwa permainan lego anak Anda bisa hidup di dunia nyata, mimpi ini akan mendekati kenyataan.

Lego memperkenalkan permainan terbaru pada acara CES 2017 bernama Lego Boost yang mengombinasikan sensor-sensor, motor-motor, dan semacam aplikasi yang mengajar anak Anda untuk belajar coding sehingga mereka bisa membuat robot mereka sendiri.

Lego boost mampu menghadirkan gerakan, suara dan personalitas degan harga 159.99 USD atau sekitar 2.1 juta rupiah yang ditujukan pada anak berumur 7 tahun lebih. Lego Boost menawarkan 5 model robot yang bisa dipilih yaitu Robot Vernie, Kucing Frankie, Guitar 4000, Multi Tool Rover 4 serta AutoBuilder.


Sebenarnya ada dua jenis Lego Ministroms yang dapat melakukan hal sama, tetapi Lego ini lebih canggih dan sulit serta khusus menyasar orang dewasa. Sebaliknya, boost dirancang untuk anak-anak yang berusia 7 tahun ke atas.

Pada robot yang dibuat, seperti Robot Vernie akan mampu merespon suara, memainkan musik, bahkan menari. Menariknya blok blok Lego yang kita miliki bisa kita gunakan juga dengan Lego Boost karena blok yang digunakan adalah standar, hanya saja paket kit menawarkan set sensor, motor serta blok yang bisa diprogram. Kita bisa merekam suara kita dan memasukkan ke robot sehingga robot yang dibuat dapat berbicara menggunakan suara kita.

Lego juga menyertakan aplikasi Android dan iOS untuk menangani pemrograman atau koding dengan instruksi koding dasar sehingga bisa lebih mudah dipahami dan dimengeri anak seumuran 7 tahun. Jadi selain 5 model dasar, anak-anak masih bisa mengembangkan kreasinya sendiri.

Ada unit permainan terpenting yaitu Move Hub terdiri dari 6 sensor, dua input dan port output, tombol power dan lampu yang bisa berganti cahayanya dan ditenagai 6 baterai AAA.

Lego Boost menyertakan tiga brick Boost termasuk sensor tilt, sensor warna dan jarak serta motor, plus 843 blok Lego dan bagusnya karena blok yang mereka gunakan adalah standar, maka kita bisa mengkombinasikannya dengan blok Lego yang telah kita miliki. Mungkin Lego Boost bisa jadi pilihan hadiah anak yang menarik karena selain menawarkan permainan tapi juga mengedukasi anak untuk memiliki logika koding atau pemrograman.

Comments