[RESENSI WAHANA] Liburan Sembari Belajar Antariksa Di Planetarium TIM


Mungkin dulu anda di usia anak-anak sering bercita-cita menjadi astronot. Atau mungkin anak anda memiliki impian yang sama. Nah, wahana edukasi ini mungkin setidaknya memberikan gambaran anda tentang dunia antariksa. Sembari berlibur, anda sekeluarga juga akan dapat berlajar dari alam semesta yang luas ini.

Wahana edukasi Antariksa yang bernama Planetarium dan Observatorium ini di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta. Tidak sulit menemukan lokasi Planetarium ini. Bentuk gedungnya yang unik berbentuk kubah setengah lingkaran akan menarik perhatian ketika Anda melintas persis di depan kawasan Taman Ismail Marzuki.


Di wahana edukasi ini, Anda dan keluarga bakal diajak mempelajari astronomi dengan menyenangkan. Anda akan diajak menyaksikan hamparan bintang-bintang di langit dari jarak dekat, visual tersebut juga dilengkapi dengan narasi sehingga anda dapat dengan mudah memahami apa yang dilihat. Teater antariksa ini merupakan atraksi utama yang sayang untuk dilewatkan. Layaknya menonton pertunjukan di bioskop, pengunjung dapat menyaksikan visualisasi antariksa yang bertemakan tentang  tata surya, posisi bintang, serta berbagai hal lainnya yang berkaitan dengan astronomi.

Tak hanya menghadirkan teater observatori saja. Di sini anda juga dapat menyimak informasi-informasi lain seperti rasi bintang, susunan tata surya, rasi bintang, hingga replika pakaian astronaut!


Secara keseluruhan, Planetarium memiliki tiga atraksi utama yang bermanfaat, yakni sarana hiburan, wahana edukasi dan tempat pengamatan dan penelitian.

Sarana hiburan di Planetarium diwakili oleh teater antariksa yang menghadirkan visual astronomi. Tak hanya menghibur, Planetarium juga dapat menjadi wahana edukasi, di mana Anda bisa menyimak segala informasi tentang astronomi yang disajikan melalui media audio visual. Planetarium Jakarta juga menjadi tempat khusus bagi para penggiat astronomi, seperti peneliti maupun dari akademisi.

Bagaimana? Asyik dan seru kan berwisata sambil belajar? :)

Comments