[RISET] Analisis Matematika Untuk Kualitas Kopi Terbaik


Peneliti dari University of Portsmouth, Inggris menjelaskan dalam risetnya bahwa ukuran biji kopi merupakan faktor terpenting dalam mengolah secangkir kopi yang lezat. Dr William lee, pemimpin dari penelitian tersebut mengatakan bahwa pemahaman matematika secara komprehensif akan membantu untuk merancang mesin kopi yang tepat.

"Ada beberapa faktor yang berpengaruh dalam membuat kopi dengan kualitas terbaik. Mulai dari bentuk filter, ukuran biji kopi, hingga alat yang dilalui laju aliran espresso. Dengan menggunakan analisis matematika, kita dapat merancang desain yang tepat untuk menghasilkan kopi berkualitas. Satu langkah lebih dekat untuk mendapatkan secangkir kopi yang sempurna," tambahnya.

Saat ini, Dr Lee dan tim peneliti berharap untuk dapat mengembangkan teori ini secara mendalam. Mereka akan menggunakan teori mekanika fluida dan solid yang biasanya digunakan untuk mendesain pesawat terbang dan mobil balap. Salah satu tantangan terberat yang saat ini dihadapi adalah memahami ukuran penggilingan yang tepat pada proses ektraksi kopi.

"Secara kualitatif, ukuran biji kopi dan alat penggilinganlah yang memainkan peranan penting dalam menentukan rasa kopi yang nikmat. Sehingga harus ditemukan formula dan variabel yang tepat dalam perancangannya" ungkap Lee, sebagaimana dilansir dari The News.

Comments