[RISET] Punya Cita-Cita Dorong Orang Belajar


Memiliki cita-cita mengharuskan kita untuk berjuang agar dapat mewujudkannya. Tidak jarang, dalam mewujudkan hal tersebut ada sejumlah tantangan yang harus dihadapi. Namun, demi terciptanya impian tersebut, kita pun akan berusaha untuk melewatinya.

Menurut Psikolog, Mona Sugianto, cita-cita yang ada dalam diri seseorang akan menggerakkan mereka menjalankan proses dalam mewujudkan impian tersebut.

"Dengan begitu, kita akan menghilangkan kebiasaan instan. Memiliki cita-cita, berarti kita komitmen untuk mewujudkannya dan menghindari yang namanya jalan instan, jadi kita bisa tahu artinya sebuah proses pencapaian," ungkapnya dalam acara Buka Bersama PT Trakindo di Energy Building, belum lama ini.

Apa pun yang ingin kita capai, kata Mona, itulah yang menjadi cita-cita kita. Sehingga dalam mewujudkannya, kita perlu memiliki komitmen dalam menjalankan apa yang harus dilakukan.

"Tujuan kita harus jelas dulu, apa yang ingin kita raih. Ketika tujuan sudah kuat, maka kita akan bisa mencapainya. Intinya adalah memiliki prinsip," ucapnya.

Mona menambahkan, prinsip sendiri merupakan bagian dari karakter. Ketika kita sudah berkomitmen untuk meraih apa yang dicita-citakan, karakter kita pun akan menyesuaikan untuk mewujudkan hal tersebut.

"Jadi kalau kita punya cita-cita ingin jadi sesuatu, pasti kita sadar mengenai keterampilan apa yang perlu dimiliki. Sehingga kita diwajibkan juga untuk memiliki keterampilan tersebut. Dalam meraih impian, seseorang juga harus memiliki keterampilan lainnya seperti kemampuan untuk menghadapi kecewa," tambahnya.

Comments