[RISET] Ternyata, Ini Manfaat Imajinasi Untuk Anak


Jangan salahkan anak yang senak berimajinasi sebab imajinasi juga merupakan salah satu proses belajar yang penting. Mama mungkin pernah melihat si kecil merasa dirinya menjadi seorang putri ataupun pahlawan super. Tahukah Mama dengan imajinasi anak bisa merasa jauh lebih percaya diri dan memiliki kemampuan verbal yang lebih baik. Berikut manfaat imajinasi untuk anak yang mungkin tidak terduga.

Menurut Kristi Alexander, seorang psikolog anak imajinasi anak memang berkembang secara alami. Namun, Mama bisa merangsang imajinasi si kecil lo. “Orangtua bisa memberikan anak hal-hal baru seperti gambar dan suara. Hal tersebut dapat memperluas dunia imajinasinya, “ ujarnya. Mama pun perlu mendampingi si kecil untuk menjaga apa yang ada di dalam pikirannya.

Manfaat Imajinasi

Imajinasi pada anak juga kadang abstrak seperti membuat pisang menjadi telepon atau menganggap sofa sebagai kapal laut. Anak-anak di usia 3 hingga 4 tahun juga saat senang bermain peran. Bermain peran menjadi salah satu cara anak untuk meningkatkan kosakatanya. Anak-anak yang gemar bercerita akan punya banyak kosakata.

Membiarkan anak berimajinasi juga memiliki manfaat memberikan anak kebebasan. Denagn imajinasi mereka bebas mengungkapkan apa yang mereka pikirkan. Selain itu, imajinasi juga membantu mereka untuk menyelesaikan waktu-waktu sulit. Mereka akan memahami banyak hal buruk dan mampu untuk mengatasinya. Anak juga tidak akan takut untuk mencoba-coba hal baru.

Imajinasi juga mengajarkan anak untuk bergaul. Si kecil yang akan masuk ke dunia sekolah perlu mendapatkan kemampuan sosial. Dengan imajinasi, mereka akan terbiasa berkomunikasi dengan orang lain. Dengan begitu, anak akan mudah mempelajari bagaimana berinteraksi sosiald dan menyelesaikan konflik. Anak akan memiliki kemampuan bagaimana memecahkan masalah ketika mendapatkan masalah dengan kehidupan. Anak juga jadi punya daya juang yang tinggi serta berani memutuskan apa yang harus ia lakukan.

Melihat berbagai manfaat imajinasi untuk anak, Mama sebaiknya memberikan aneka bacaan dan tontonan yang bermanfaat dan dapat mengembangkan imajinasi mereka. Banyak bereskplorasi ke aneka tempat baru juga dapat membantu anak untuk punya imajinasi yang lebih luas.

Comments