[INFO] Sekolah Anak Bahari, Cara Anak Muda Ikut Mencerdaskan Anak di Pesisir


Pendidikan merupakan hak bagi setiap warga negara yang diamanatkan oleh Undang-undang Dasar (UUD) 1945. Undang-undang juga mengamanatkan kepada pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Kualitas pendidikan akan sangat menentukan terhadap maju dan tidaknya suatu bangsa. Pendidikan menjadi modal dasar setiap generasi bangsa untuk menyongsong masa dengan baik bagi dirinya sendiri maupun dalam ikut membangun daerahnya.

Berangkat dari kondisi tersebut, sekelompok anak muda yang dimotori Bagus Muhammad Rizal membanguan Sekolah Bahari yang berlokasi di Kampung Tanjung Kait RT 01 RW 01, Desa Tanjung Anom, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.

Sekolah Bahari yang berdiri pada tanggal 14 Februari 2016 lalu mempunyai visi ikut berkontribusi mencerdaskan anak-anak, terutama yang berada di pesisir utara Kabupaten Tangerang.

Salah satu volunteer Sekolah Bahari, Roshidatul Qomariah saat berbincang dengan Banten Hits mengatakan di Sekolah Bahari, anak-anak diberi pendidikan akademik maupun non akademik. Untuk melepas kejenuhan anak-anak saat menerima pelajaran, proses kegiatan belajar mengajar di sekolah ini juga diselangi dengan berbagai permainan.

"Kita ajarkan berbagai hal untuk menggali potensi yang dimiliki setiap anak, seperti seni tari dan bela diri. Permainan pun kita buat agar mempunyai bilai edukasi," ujarnya.

Satu tahun berdiri, Sekolah Bahari sudah mempunyai 60 volunteer yang mendidik anak-anak pada setiap hari Minggu pada pukul 10.00-12.00 WIB. Sedikit mengenang, sebelum memiliki tempat kegiatan belajar mengajar, Sekolah Bahari melakukan proses belajar hanya dengan beralaskan sebuah terpal.

"Dulu sebelum ada ruangan ini, kita ngajarnya di tempat terbuka pakai terpal sekarang berkat dukungan masyarakat, kita dapat tempat buat proses belajar mengajar jadi lebih nyaman," kata Roshi.

Keberadaan Sekolah Bahri sambung Roshi diharapkan bisa ikut mencerdaskan generasi bangsa yang mempunyai kualitas dan bermanfaat bagi negara dan lingkungan tempat tinggalnya.

"Kita ingin anak-anak di pesisir pantai semakin pintar dan bisa memiliki kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang," harapnya.

Comments