[RESENSI WAHANA] Selain Sejarah, Belajar Biologi pun Bisa Dilakukan dengan Cara Asyik di Museum di Yogyakarta Ini


Museum merupakan satu lokasi wisata yang sering jadi favorit para traveler.Museum pun memiliki fungsi utama sebagai sarana edukasi. Namun tak hanya belajar sejarah atau arkeologi melalui koleksi benda-bersejarah, antik, maupun fosil, kini belajar biologi pun bisa didapat di berbagai museum.
Satu di antaranya adalah Museum Biologi UGM yang terletak di Jalan Sultan Agung No 22, Yogyakarta. Dikelola oleh Fakultas Biologi UGM, museum ini diresmikan pada tahun 1969. Museum ini pun menjadi media pembelajaran bagi dosen, guru, pelajar, mahasiswa, serta umum.


Museum Biologi UGM memiliki ribuan koleksi spesies flora dan fauna yang telah diawetkan secara kering maupun basah. Koleksi fauna museum meliputi binatang tingkat rendah atau tak bertulang belakang. Juga binatang bertulang belakang yang terdiri dari keluarga pisces, amfibi, aves, reptil, dan mamalia.


Sementara itu, koleksi floranya juga mencakup tumbuhan tingkatan hidup rendah (Cryptogamae) yang diawetkan dalam keadaan kering. Lalu, tumbuhan tingkatan hidup tinggi (Phenaerogamae/ Spermatophyta) dalam bentuk awetan kering dan basah. Serta koleksi biji-bijian dan simplisia. Total keseluruhan ada sekitar 4000 spesimen yang dikoleksi Museum Biologi UGM.

Koleksi ini dikumpulkan dari seluruh wilayah Indonesia, bahkan ada beberapa yang diperoleh dari luar negeri. Selain itu, museum ini juga memiliki koleksi hewan-hewan dilindungi seperti komodo, buaya putih, beruang madu, trenggiling, dan cenderawasih.

Layaknya museum pada umumnya, Museum Biologi UGM juga memiliki sejumlah kotak diorama yang berisi beberapa hewan dengan latar belakang habitatnya. Sehingga dengan melihat diorama ini, pengunjung dapat membayangkan kehidupan dan habitat hewan tersebut.



Museum Biologi UGM dapat dikunjung pada hari Senin sampai Kamis mulai pukul 07.30 hingga 16.00 WIB. Pada hari jumat, museum buka mulai pukul 07.30 hingga 15.00 WIB. Sementara pada hari Sabtu, Minggu, serta libur nasional, museum ini tutup.

Comments