[SUPLEMEN] Mengintip Menu Makan Siang Sekolah di Berbagai Negara


Setiap negara memiliki standar yang berbeda untuk menu makan siang. Beberapa sekolah menyediakan makanan instan dan cemilan untuk makan siang. Berikut ini adalah menu makan siang di setiap negara untuk para siswa.

1. UK - United Kingdom

Menu makan siang anak sekolah di UK umumnya adalah Kentang goreng, wortel, bubur nasi, salad, buah dan wafel Belgian ditambah coklat. Kebanyakan sekolah memiliki anggaran terbatas maka dari itu siswa sering diberikan 'fast food'. Namun siswa di Inggris menyukainya dan harganya juga murah meriah.

2. Korea Selatan

Pola makan sekolah di Korea Selatan adalah salah satu yang terbaik di dunia. Ruang baki terbesar biasanya berisi sup dan nasi. Sedangkan, baki kecil diisi dengan salad, seafood, sayur, dan buah. Untuk siswa yang bertubuh kurus biasanya diberikan minyak ikan. Menu populer di Korea Selatan adalah kimchi, daun wijen diisi dengan beras dan ditutupi dengan saus madu, sup labu kentang, pancake dengan bawang hijau, merica dan gurita, dan mentimun dan salad wortel.

3. Jepang

Menu makan siang anak sekolah di Jepang hampir sama dengan menu makan siang di Korea Selatan, yaitu sup panas, nasi, salad, dan susu. Siswa tidak diperbolehkan membawa makanannya sendiri ke sekolah sampai mereka mencapai tingkat bangku SMA. Tidak ada mesin berjualan di kantin. Selain itu siswa juga tidak makan di kantin. Mereka terbiasa makan di dalam kelas.

4. Iran

Berdasarkan peraturan di Iran, semua anak-anak di atas usia 14 tahun dapat mengkonsumsi satu cup susu, buah segar, dan biskuit untuk menu makan siang di sekolah. Namun, para ibu biasanya menyiapkan lunchbox untuk anak-anaknya yang berisi nasi, tomat, dan kebab domba.

5. Turki

Ini adalah makan siang yang biasanya disajikan untuk siswa di Turki. Menu favorit siswa di Turki berisi roti gandum, kenari, anggur, apel, delima, dan kefir. Makanan-makanan ini konon berfungsi untuk meningkatkan kemampuan otak.

Comments