[TIPS] 10 Kebiasan Sederhana Yang Membantu Mengasah Kecerdasan

Menurut penelitian, kecerdasan manusia terus berubah, tergantung bagaimana cara menjalani hal-hal tertentu di dalam kehidupan. Artinya, kecerdasan dapat terus diasah.

Dilansir dari situs Quora, ada hal-hal kecil yang bisa kamu lakukan setiap hari untuk membuat kamu lebih pintar. Hal-hal kecil ini tidak butuh tenaga atau usaha keras, gaes, cukup konsistensi saja.

1. Menulis ulang apa yang kamu pelajari

Menurut sebuah penelitian di Harvard, menulis kembali apa yang kamu pelajari dapat meningkatkan kekuatan otak kamu. Menulisnya juga tidak perlu panjang-lebar. Cukup berupa poin-poinnya saja atau paragraf pendek.

2. Mengatur waktu online kamu

Sebetulnya, tidak masalah, jika kamu online terus-menerus dengan internet. Tapi waktu online kamu harus diatur dengan baik. Misalnya, jangan terus-terusan online sampai begadang. Selain itu, rutinitas online kamu harus diisi dengan hal-hal yang lebih bermanfaat daripada cuma membuka media sosial. Sebagai contoh, ikut les online, nonton TedTalks yang inspiratif, baca artikel dari Youthmanual, atau belajar tutorial skill baru di YouTube.

3. Banyak membaca

Agar tambah pintar, kamu tidak harus selalu membaca koran politik atau ekonomi. Artikel ringan yang bermanfaat, biografi, atau fiksi juga dapat membuat kerja otak kamu jadi lebih baik. Intinya, banyak membaca.

4. Membuat dan menyelesaikan to-do list 

Sudah bukan rahasia lagi bahwa to-do list bisa meningkatkan produktifitas dan membuat kamu lebih cerdas. Kenapa? Karena menurut para Yoga Teachers di Amerika, kecerdasan sangat berhubungan dengan rasa percaya diri dan kebahagiaan. Nah, ketika kamu berhasil menyelesaikan hal-hal dalam to-do-list kamu, pasti bakal ada perasaan bangga atas pencapaian tersebut. Mencoret hal yang harus kamu kerjakan dalam to-do list itu rasanya puas dan menyenangkan sekali bukan?

5. Sering menjelaskan kepada orang lain

“If you can’t explain it simply, you don’t understand it well enough,” begitu kata Albert Einstein. Maksudnya, kalau kamu dapat menjelaskan suatu hal dengan baik kepada orang lain, berarti kamu paham terhadap hal itu.

Menjelaskan, itu bukanlah hal simpel. Coba jelaskan, apa itu 'Demokrasi'. Kalau kamu tidak dapat menjelaskan  berarti kamu belum betul-betul paham tentang 'Demokrasi'.

Menurut Jon Packels, seorang mahasiswa di Inggris, mempelajari hal baru itu bisa dikatakan cukup mudah. Namun menjelaskannya kembali kepada orang lain belum tentu semudah itu. Dengan rajin menjelaskan—tentang apapun—kepada orang lain, kamu akan melatih otak untuk bekerja lebih baik.

6. Berteman dengan orang yang lebih pintar

Terkadang berteman dengan orang yang lebih pintar bisa saja membuat kamu minder. Tapi menurut sebuah lembaga tes IQ di Amerika, IQ kamu itu rata-rata sama dengan IQ lima teman terdekat kamu. Kesimpulannya, bergaul dengan orang yang lebih pintar akan membuat kamu ikutan pintar!

Kok bisa? mungkin karena kamu jadi “tertular” kebiasaan belajar teman-teman kamu, atau jadi terus-terusan meningkatkan wawasan agar bisa nyambung ngobrol dengan mereka. Selain itu, berteman dengan orang yang lebih pintar dapat membuat kamu lebih rendah hati.

7. Main board games


Bukan hanya untuk bersenang-senang, ternyata main board games seperti puzzle, scrabble, catur, bahkan monopoli dapat membuat otak kamu bekerja dengan lebih baik.

8. Belajar bahasa baru

Hal ini bisa kamu mulai dari mencoba mempelajari kata-kata dasar seperti “terima kasih”, “sampai jumpa”, atau ucapan “selamat pagi-siang-malam” dalam berbagai bahasa. Kenapa? Karena belajar bahasa baru bisa meningkatkan kinerja otak sampai 100%.

9. Melakukan hal-hal random

Kata Shane Parrish —pemilik Farnam Street blog— Steve Jobs sering melakukan hal-hal random. Dia pernah belajar kaligrafi dan memasak, padahal kedua skills itu nggak relevan sama pekerjaannya di Apple. Tapi dengan belajar hal-hal baru, Steve Jobs percaya otaknya jadi terus bekerja.

10. Take time to relax

Punya waktu istirahat yang cukup juga penting untuk otak. Tidur yang berkualitas bisa meningkatkan kecerdasan kamu dan menstimulasi hormon-hormon baik untuk dikirim ke otak. Peredaran darah pun jadi lancar. Efeknya, otak kamu bisa bekerja dengan maksimal.

Comments