[TIPS] Agar Anak Semangat Kembali Sekolah Setelah Liburan


Waktu libur akan segera usai. Tinggal hitungan hari, anak-anak akan kembali bersekolah. Sayangnya, setelah berlibur sejumlah anak kerap merasa malas untuk berangkat sekolah.

Tak heran jika para orang tua merasa kebingungan untuk mengatasi anak yang rewel. Jika hal tersebut terjadi pada Anda, berikut tips agar anak tak malas sekolah setelah berlibur yang dilansir dari WebMD.

1. Biasakan berangkat sekolah

Psikolog keluarga, David Swanson menjelaskan, bahwa para orang harus merencanakan sesuatu sebagai masa transisi dari libur dengan waktu berangkat ke sekolah. Anda bisa membiasakan si kecil untuk berangkat sekolah pada satu minggu sebelum hari masuk sekolah.

Selain itu, Co-author dari The Sleepeasy Solution, The Exhausted Parent's Guide to Getting Your Child to Sleep, Jill Spivack menyarankan untuk berdiskusi bersama anak dan jelaskan manfaat tidur cukup bagi kesehatan. Pasalnya, tidur yang cukup bisa menghindari si kecil dari masalah kesehatan fisik dan mental.

2. Berikan aktivitas yang teratur

Aktivitas yang berulang dipercaya bisa membantu anak untuk tidur tepat waktu dan kembali memiliki rutinitas. Seperti memasang waktu untuk jam makan malam, memberikan batasan waktu untuk bermain komputer, video game dan menonton televisi. Namun, pastikan rutinitas tersebut tidak terlalu banyak.

3. Atur waktu tidur

Berlibur kerap membuat sebagian anak menjadi tidak teratur, seperti jam tidur yang terlalu malam. Akibatnya, anak-anak akan merasa malas bangun pagi saat masuk sekolah nanti. Oleh karena itu, berikan waktu selama satu minggu sebelum liburan berakhir untuk kembali memasang jam untuk mengatur waktu tidurnya.

4. Ajak si kecil membeli peralatan sekolah baru

Untuk mengembalikan semangat anak kembali sekolah, Anda bisa mengajaknya untuk membeli beberapa peralatan sekolah baru. Biarkan dia memilih sendiri apa yang disukanya.

5. Persiapankan perlengkapan sekolah pada malam hari

Menyiapkan perlengkapan sekolah pada malam hari bersama si kecil bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Cara ini dipercaya bisa membuatnya mengembalikan semangat untuk kembali sekolah.

Comments