[TIPS] Bagaimana Doodle Dapat Membantu Belajar Menjadi Efektif?


Banyak yang bilang kalau terlalu sibuk membuat doodle (gambar corat-coret), dapat membuat nilai menjadi pas-pasan. Belum lagi, kalau guru di kelas berpikir kalau kamu tidak fokus dan sedang menggambar hal di luar pelajaran. Namun jangan salah, Justru, doodling memiliki manfaat dalam aktivitas belajar juga.

Seorang peneliti bernama Jackie Andrade membuat penelitian yang dirilis di jurnal Applied Cognitive Psychology. Dia menemukan kalau doodling dapat membantu kita untuk lebih baik dalam mengingat. Saat membuat doodle, otak kamu jadi lebih aktif bekerja. Makanya, kamu jadi lebih memperhatikan materi yang sedang dipelajari. Susunan gambar yang kreatif juga bisa menstimulasi otak untuk memunculkan ide-ide baru yang lebih seru.

Selain membuat kita jadi lebih konsentrasi dan memicu ide baru, saat membuat doodle, tingkat stress pun berkurang. Apalagi, bagi yang memang suka dan punya passion dalam bidang menggambar. Pasti jadi senang, kan?

Penelitian tersebut menambahkan juga bahwa membuat doodle tentang materi pelajaran bukan hanya menjadikan belajar lebih menyenangkan, tetapi juga efektif.

Agar catatan yang merangkap doodle kamu tetap efektif, bukan berarti menggambarnya asal-asalan. Ada hal-hal penting yang sebaiknya kamu buat di doodle yang akan membantu buat belajar. Saat membuat catatan sambil doodling, jangan lupa menyertakan hal-hal ini :

Kata kunci

Keyword atau kata kunci adalah hal yang penting di saat belajar. Tanpa kata kunci, kamu tidak akan tahu apa yang sedang dipelajari. Saat membuat doodle, pastikan kamu memuat kata kunci dari materi yang sedang dipelajari. Kalau bisa, buat juga gambaran dari arti kata kunci ini

Contoh

Kalau cuma pengertian saja, kadang bosan juga bacanya. Oleh sebab itu, kamu harus juga menyertakan contoh yang akan membuat kamu lebih gampang untuk mempelajarinya.

Pikiran kamu tentang materi itu
Menuliskan apa saja yang ada di buku itu hal yang biasa. Agar kamu dapat berpikir lebih kreatif, penting juga untuk menuliskan atau menggambarkan apa yang kamu pikirkan tentang materi tersebut.

Masukan guru

Saat mendengarkan materi dari guru, pasti ada cara-cara atau penjelasan khusus dari guru yang tidak ada di buku. Saat inilah tangan kamu harus sigap menggambarkannya di catatan. Agar tidak lupa!

Gambar analogi

Analogi dalam kamus artinya persamaan. Jadi, kamu diminta untuk membuat gambar yang kurang lebih bisa mendeskripsikan materi yang lagi dipelajari. Misalnya, kamu lagi mempelajari materi biologi tentang ekosistem. Berdasarkan materi, kamu bisa membuat kira-kira ekosistem gambarnya akan seperti apa.

Alur

Keberadaan panah dan garis-garis di dalam doodle, jangan digambarkan asal dan begitu saja. Kedua hal ini tepat sekali untuk menentukan alur atau jalannya materi yang sedang dipelajari.

Contoh soal

Pada akhirnya, kamu akan menghadapi ujian yang berisi soal-soal. Agar tidak pusing menjawabnya, latihan dari sekarang itu penting. Untuk itu, pastikan dalam catatan ada contoh soal untuk materi itu.

Membuat catatan doodle bukan hanya baik untuk belajar, tapi juga membuat kamu menjadi senang, bukan? Agar semakin menyenangkan belajarnya, jangan lupa warnai doodle kamu dengan warna-warna yang seru, ya!

Comments