[TIPS] Cara Bijak Menggunakan Media Sosial Dengan Aman dan Nyaman


Menggunakan sosial media dikehidupan sehari-hari sudah tidak asing lagi bagi setiap orang. Jumlah pengguna sosial media yang kian bertambah membuat para pengguna bisa saling berhubungan satu sama lain meskipun berada dijarak yang berjauhan. Pengguna sosial media saat ini juga beragam dan memiliki kepentingan yang berbeda pula.

Sebagian orang menggunakan sosial media untuk kepentingan bisnis, dengan cara mempromosikan dan berjualan hingga bertransaksi di sosial media. Sebagian orang lagi menggunakannya untuk kepentingan pribadi, berbagi informasi, baik foto, video, artikel dan lokasi dimana orang tersebut bisa diketahui keberadaannya. Media sosial ‘sejatinya’ bisa menjadi sumber informasi, wadah dokumentasi dan tempat berkomunikasi atas sebuah isu atau persoalan yang penting misalnya tentang tingginya kematian bayi, HIV Aids dll. Namun dalam kenyataannya, media sosial seringkali hanya dimanfaatkan sebagai wadah untuk curhat, melampiaskan kekesalan atau eksistensi diri. Sehingga media sosial kemudian hanya berisi ‘sampah.’

Dengan perkembangan jumlah pengguna sosial media saat ini, tidak jarang kita menemui dan pernah merasakan sendiri dampak positif dan negatif sosial media bagi kehidupan sendiri dan sekitar kita.

Waktu luang yang biasanya bisa dipergunakan untuk berdiskusi dengan anggota keluarga atau pun teman justru secara sengaja kita pergunakan menyibukkan diri dengan teman kita yang ada di beberapa akun sosial media yang kita miliki. Saat ini banyak pengguna sosial media yang belum mengetahui dan sadar bagaimana cara menggunakan sosial media yang baik dan bijak.

Tidak adanya pelatihan kepada para pengguna sosial media mengakibatkan banyak orang yang akhirnya harus berurusan dengan penegak Hukum. Padahal mereka yang harus bertanggung jawab, banyak yang tidak sengaja dan tidak sadar dari akibat yang mereka lakukan di akun sosial media miliknya. Tidak menutup kemungkinan, setiap kemajuan dan perkembangan teknologi selalu membawa risiko. Pengguna sosial media sebaiknya lebih berhati-hati untuk membuat postingan di akun sosial media yang kita miliki agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain.

Bagaimana cara menggunakan media sosial dengan baik? Akan dijelaskan di postingan ini.

1. Ikuti percakapan yang di perlukan

Jika anda pengguna twitter,instagram,facebook,line,bbm dan sejenisnya, sebaiknya bijaklah dalam memilih akun-akun mana yang perlu di follow dan add dengan mana yang tidak. Timeline di media sosial sama halnya dengan buku bacaan harian anda, bahkan lebih karena frekuensi anda melihatnya lebih banyak ketimbang buku bacaan anda.  Pilihlah akun yang memberikan manfaat bagi anda.

2. Kenali siapa yang ada di lingkungan anda

Dengan adanya media sosial anda bisa memperoleh kebebasan dalam berbicara, bahkan yang pendiam sekalipun akan sangat mudah untuk mengoceh di media sosial. Siapapun berhak dalam menyuarakan pendapat. Tapi, perlu anda ingat dan perhatikan orang-orang yang ada di lingkungan dunia maya anda. Jangan sampai ada adik anda yang umurnya masih belum dewasa membaca status anda yang kurang baik. Dan jangan sekali-kali menggunakan media sosial sebagai ajang penyebaran berita bohong, ini hanya akan berdampak buruk pada diri anda sendiri dan juga orang di sekitar anda.

3. Media Sosial Bukanlah Tempat Sampah

Sedikit sedikit update, sedikit sedikit curhat. Media sosial bukanlah tempat sampah yang bisa anda gunakan untuk membuang penat yang anda tanggung. Tidak semua yang anda bicarakan di media sosial disenangi teman media sosial anda.  Sebelum Anda memposting, update status, berkicau, sharing foto atau apapun dalam jejaring sosial perhatikan apa yang akan disampaikan, apakah pantas dan benar, apakah dampak baik buruknya. Hal-hal / informasi yang dibagikan yang dibarengi dengan wawasan kita dengan dunia internet akan lebih bagus. Hal ini perlu, selain untuk menjaga diri juga untuk menjaga orang lain. Seperti contoh status seringnya galau atau sedang sendiri bisa memancing kesempatan orang untuk berbuat kriminal. Yakinlah bahwa status anda di media sosial kelak akan mempermalukan anda sendiri. Sebaiknya jadikan media sosial sebagai microblogging untuk sharing informasi dan motivasi ke semua orang yang ada di dunia maya, sepertinya itu akan lebih baik dan lebih bermanfaat.

4. Perkuat Password (Kata Sandi) Akun Media Sosial Anda

Hal yang perlu diperhatikan pada saat Anda membuat password (kata sandi) adalah kombinasi unik dari password yang Anda buat. Salah satu tips sederhana dalam memilih password adalah dengan membuat sebuah kata sandi yang rumit, dimana rumit yang dimaksud ialah rumit di terka (di tebak), rumit di prediksi dan bila perlu rumit di hafalkan. Kata sandi yang baik adalah kata sandi yang mengandung 3 unsur kombinasi yaitu huruf (termasuk huruf besar dan kecil), angka dan simbol. Jangan memilih password berdasarkan hobi, kegemaran, identitas, alamat, dan terkait dengan informasi pribadi lainnya. Berikut contoh password yang rumit: "1$T$jempol++_7%#1" atau "25*^//.)Klop@#w)". Tapi diingat biarpun password tersebut rumit,tetapi harus mudah diingat bagi kita.

5. Mengubah Password Secara Teratur dan Berkala

Selain harus menggunakan kombinasi password yang kuat dan rumit, ada kalanya kita juga perlu mengubah kata sandi kita secara berkala, hal ini bertujuan untuk tetap menjaga keamanan akun pribadi kita. Agar tidak mudah diretas oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab.

6. Jangan Menggunakan Password yang Sama di Banyak Akun

Bagi Anda yang memiliki lebih dari 1 akun jejaring sosial sebaiknya jangan menggunakan password (kata sandi) yang sama di akun yang berbeda. Karena tidak menutup kemungkinan jika salah satu akun anda di bobol oleh hacker maka akun anda yang lain juga akan ikut terbajak.

7. Pahami Privacy Setting Pada Media Sosial

Pada saat Anda memilih sebuh jejaring sosial, sempatkanlah beberapa waktu Anda untuk membaca ketentuan dari privacy setting yang ditawarkan jejaring sosial tersebut, cermati dan pahami baik-baik ketentuan pengaturan privasi, hal tersebut nantinya akan membantu mempermudah Anda dalam melakukan pengaturan privasi akun Anda.

8. Proteksi Komputer Anda dengan Anti Virus

Update semua perangkat lunak (termasuk web browser Anda) langsung ke vendornya. Jangan lupa untuk meng-instal antivirus dan software antispyware seperti Microsoft Security Essentials atau merek lain, lalu aktivkan firewall nya. Lindungi router / nirkabel / jaringan WIFI dengan sandi. Jangan menempatkan flash yang tidak diketahui asalnya ke komputer Anda. Jangan pula meng-klik link atau tombol di jendela pop-up yang mencurigakan. Banyak kasus yang terjadi akibat klik ngasal. Mulai dari malware, virus (komputer), hingga penipuan. Jika Anda mendapati link dari sumber yang asing, tak dikenal dan bukan teman Anda maka sebaiknya jangan diklik. Bila perlu blokir pengguna tersebut.

9. Lindungi Informasi Pribadi Anda

Batasi informasi pribadi yang Anda cantumkan dalam akun jejaring sosial Anda. Jangan tuliskan alamat lengkap ataupun nomor handphone Anda untuk meminimalisir tindak kejahatan ataupun orang yang sekedar iseng. Namun jika hal tersebut bertujuan untuk bisnis, maka cek terlebih dahulu pengaturan privasi Anda dan pastikan Anda berbagi hanya pada teman. Saat berbagi apapun, baik itu teks, foto, video, tautan, catatan, event, lokasi, dan lainnya setting profil Anda hanya bisa diintip oleh teman. Jangan dibuat publik dan hanya bagikan ke teman sehingga nantinya hanya teman yang dapat melihatnya.

10.Berhati-hatilah Saat Mengakses Media Sosial di Tempat Umum

Waspadalah saat Anda mengakses jejaring sosial Anda di tempat umum seperti warnet dan sebagainya. Jangan lupa untuk menghapus password dan riwayat browsing Anda dan lakukan perubahan password (kata sandi) secara berkala. Pastikan alamat email Anda tidak muncul kembali saat jejaring sosial tersebut di akses oleh orang lain.

11. Akses Situs Media Sosial Menggunakan Awalan Alamat Internet Dengan https://

Pastikan untuk menggunakan awalan alamat internet dengan https:// sebelum kita memasukkan data sensitif dalam bentuk web untuk menjaga nama pengguna, kata sandi dan informasi lain yang Anda posting. Menggunakan https:// dibandingkan http:// menambahkan satu lapisan keamanan dengan mengenkripsi lalu lintas dari browser Anda ke situs jejaring sosial Anda.

12. Jangan Berikan Informasi Sensitif Kepada Orang Lain

Jangan pernah memberikan informasi sensitif (seperti nomor rekening atau password) alamat, menanggapi permintaan dalam pesan email, IM, atau pada jaringan sosial. Jangan menanggapi permintaan uang dari pertemanan atau yang mengaku anggota keluarga, penawaran yang menggoda dengan untung besar, undian yang tidak pernah kita ikuti, atau penipuan lainnya. Jangan pula berikan alamat email atau password jejaring sosial kita kepada teman dekat/pacar, hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan jika suatu saat orang tersebut sakit hati terhadap Anda.

13. Selektif Dalam Menerima Pertemanan

Jangan asal meng-add/follow (menambahkan) teman baru hanya dilihat dari foto profilnya yang menawan. Jangan asal pula menerima permintaan teman. Selektif itu kuncinya. Jika Anda ingin mencari teman SD, SMP, SMA, atau TK sekalipun, perhatikan dengan benar data diri teman Anda dan lakukan verifikasi.

14. Jangan Biarkan Layanan Media Sosial Memindai Buku Alamat Email Anda

Ketika Anda bergabung dengan jaringan sosial baru, Anda mungkin menerima tawaran untuk memasukkan alamat email dan password untuk mengetahui apakah kontak Anda berada di jaringan. Situs ini mungkin menggunakan informasi ini untuk mengirim pesan email ke semua orang di daftar kontak Anda atau bahkan semua orang yang Anda pernah mengirimkan pesan email ke dengan alamat email tersebut.

15. Periksa Aplikasi Pihak Ketiga (Third Party Applications)

Ada ratusan aplikasi pendukung di jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook. Sebelum Anda menggunakan atau meng-Allow aplikasi tersebut, pastikan terlebih dahulu keamanannya. Carilah aplikasi yang banyak dibahas di situs-situs terpercaya. Ingat, aplikasi itu selalu meminta Informasi Account jejaring sosial Anda, ID dan password Anda.

16. Gunakan Foto yang Sopan

Setiap jejaring sosial biasanya terdapat foto profil atau koleksi foto pengguna. Nah, saat mengupload foto usahakan foto dengan pakaian sopan tidak menimbulkan nafsu bagi para pengunjungnya. Karena jika hal tersebut disepelekan maka akan menimbulkan bahaya bagi anda utamanya para wanita. Sering sekali banyak teman di media sosial saya tidak segan mengupload foto yang cenderung membuat lawan jenis mengomentari dengan kata-kata yang tidak seharusnya diucapkan.

17. Tahu Apa yang Harus Dilakukan

Jika seseorang mengganggu Anda, mengancam atau bahkan membuat Anda tidak nyaman dengan cara menyalahgunakan data pribadi Anda. Maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah, hapus akun orang tersebut dari daftar pertemanan Anda, blokir kemudian laporkan kepada situs administrator jejaring sosial tersebut.

Dengan cara-cara diatas,diharapkan kita semua bisa menggunakan media sosial dengan sebaik-baiknya

Comments