[GALERI] Cara Unik Anti Mencontek Di Seluruh Dunia

Mencontek dalam ujian kerap dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari cara sederhana dengan menyembunyikan contekan dalam baju, atau menuliskannya di tangan, atau mungkin pura-pura menggunakan telepon seluler.

Namun 9 potret ini menjelaskan, bahwa ada cara-cara unik untuk mencegah ataupun memantau aktivitas sembunyi-sembunyi ini. Seperti apa saja?

Pelarangan Penggunaan Telepon Seluler



Telepon seluler memiliki peran yang penting dalam kehidupan, termasuk bagi siswa yang punya niat mencontek. Sehingga ada guru yang merasa perlu untuk mengamankan alat komunikasi yang satu ini.

Menggunakan Metal Detector


China bisa dibilang terdepan dalam membuat kebijakan mengenai anti-mencontek. Beberapa universitas di China menggunakan metal detector untuk mencegah siswa

Menggunakan Drone


Berbeda dengan di China, hal lebih gila terjadi di Belgia. Karena di sana, seorang guru memanfaatkan drone untuk mengawasi para siswanya yang sedang ujian.

Menggunakan penutup kertas


Pada 2013, Pengajar di Universitas Kasetsart, Thailand membuat peraturan anti mencontek yang sederhana, namun unik. Pengajar tersebut meminta mahasiswanya menggunakan kertas yang sudah di disain khusus untuk dipasang di dua sisi kepala mereka.

Menggunakan Kardus


Selain kertas, ternyata kardus merupakan cara sederhana lainnya untuk menghindari aksi mencontek. Para peserta ujian diharuskan menggunakan kardus di kepalanya dengan tujuan tidak melirik teman di kiri atau kanan.

Hanya bercelana


Di India, ada sebuah ujian masuk Angkatan Bersenjata yang dilaksanakan di negara bagian Bahir. Dimana para peserta diwajibkan untuk melepas pakaiannya dan hanya menggunakan celana saat ujian dilaksanakan, dengan tujuan untuk mencegah peserta berbuat curang. Selain itu, peserta ujian diharuskan duduk di lapangan dengan jarak 8 kaki antar peserta. Dan tak lupa ada pengawas yang berpatroli di area selama ujian berlangsung.

Ujian di Lapangan


Mencontek sudah menjadi masalah besar bagi sekolah menengah pertama di Wuhan, Cina. Jadi guru di sana membuat kebijakan yang aneh yaitu dengan melakukan ujian di tempat terbuka, yakni di lapangan sekolah.

Mengawas dari tempat tinggi


Sadar bahwa jarak pandang guru yang mengawas di depan sangat terbatas, maka agar pengawasan dapat dilakukan efektif. Guru ini menemukan solusinya dengan mengawasi dari tempat yang tinggi di dalam kelas agar ia bisa melihat seluruh siswanya ketika ujian.

Memantau dari CCTV


Mungkin hal ini sudah cukup umum dilakukan, dimana sekolah memasang CCTV di setiap kelas untuk mencegah dan menangkap siapa-siapa saja yang berbuat curang. Tentunya pengawasan di layar monitor CCTV akan terpantau secara real time dan mungkin tidak disadari oleh siswa.

Comments