[TIPS] Hilangkan Sikap Minder Pada Anak


Anak-anak pada umumnya memiliki sikap atau karakter yang periang, ceria, berani tampil di publik, dan penasaran untuk mencoba hal-hal baru disekitar mereka. Namun ada juga sebagian besar anak atau mungkin buah hati Anda cenderung memiki sikap yang minder atau kurang percaya diri, rendah diri, gugup, pemalu, penakut, tidak mudah berinteraksi dengan orang lain dan lainnya.

Nah, bagaimanakah cara untuk membuat anak Anda agar lebih percaya diri dan merasa bangga terhadap dirinya sendiri? Berikut ini adalah beberapa tips-tips yang mungkin bisa Anda coba dan terapkan untuk membantu anak-anak anda, di antarnya yaitu:


  • Jangan terlalu sering mengkritik atau sering berkomentar apa saja yang anak Anda perbuat atau lakukan, akibatnya anak bisa menjadi minder dan kurang percaya diri untuk melakukan sesuatu nantinya. Hal tersebut juga bisa mematikan daya kreatifitas sang anak pula nantinya.
  • Mengajari anak untuk lebih berani berbuat atau melakukan sesuatu, agar anak tidak takut dan selalu bergantung kepada anda. Misalnya, latih anak Anda untuk mencoba tidur sendiri atau jika anak Anda takut akan hewan atau sesuatu cobalah beri mereka pengertian, dampingin dan jelaskan supaya mereka bisa mengatasi ketakutannya akan hal tersebut.
  • Ajari anak untuk belajar bersikap mandiri dan tidak selalu bergantung kepada Anda agar anak bisa lebih dewasa juga dan berani mengerjakan segala sesuatu dengan sendirinya.
  • Jangan sering memarahi atau mencemooh atau bahkan mengejek anak anda, akibatnya anak Anda bisa menjadi pribadi yang introvet atau tertutup dan tidak percaya diri dengan dirinya sendiri karena merasa salah atau takut akan segala sesuatu yang dilakukannya.
  • Anda juga harus menunjukkan sikap bahwa Anda bangga terhadap putera atau puteri Anda agar anak bisa lebih percaya diri dan juga bangga pula terhadap dirinya sendiri serta kemampuan yang dimilikinya. Akibatnya anak akan lebih bersemangat untuk melakukan segala sesuatunya dan tidak takut untu berkreasi serta mencoba hal-hal yang baru pula.
  • Jangan terlalu sering mengasihi atau memanjakan anak anda. jika Anda sering mengasihi anak Anda maka dia juga akan sering mengasihi dirinya sendiri dan jika anak terlalu dimanja maka dia terbiasa untuk mendapatkan segala sesuatunya dengan mudah dan tidak bisa mandiri dan selalu bergantung kepada Anda tentunya.
  • Bangun kedekatan dan hubungan saling percaya antara Anda dan anak anda, hubungan anak dengan Anda bisa lebih harmonis dan juga kepercayaan dan kebanggan diri sang anak juga dapat meningkat karena Anda memberikan kepercayaan kepada mereka.
  • Sering memberi pujian juga dapat membantu anak untuk meningkatan rasa kebanggan dan kepercayaan dirinya. Dengan begitu anak lebih leluasa dan tidak takut melakukan sesuatu juga lebih bersemangat karena tidak sabar menunggu pujian anda. Anak Anda bisa pula lebih rajin untuk membantu anda.
  • Kembangkan atau gali pontesi pada diri anak anda. Anda harus lebih perhatian dan mengamati apa sekiranya bakat anak Anda atau sesuatu yang disukai oleh anak anda. Anda bisa memasukkan Anda anda ke kursus atau pelatihan sesuai dengan minat, pontensi, dan bakat anak Anda misalnya kelas sepak bola, kursus musik, kursus tari, latihan bela diri, dan lainnya. dengan begitu anak akan belajar untuk berinteraksi dengan orang-orang dan juga mulai membangun karakter dalam dirinya serta menumbuhkan rasa kebanggaan dak kepercayaan diri tentunya.

Comments