[TIPS] Ini Tips Mengajarkan Anak Mencorat-Coret


Coretan adalah ekspresi pertama kreativitas seorang anak. Para ahli perkembangan berpendapat bahwa kreativitas adalah jembatan utama proses belajar. Kreativitas yang terasah baik sejak kecil akan memberi anak kemampuan memecahkan berbagai masalah yang dihadapinya, baik dalam pekerjaan atau kehidupan sehari-hari kelak.

Dikatakan oleh Diantari Wardriyana, SS, Dipl.Edu.Montessori, gerakan dalam proses mencoret, misalnya menggenggam kuas, krayon, atau spidol, sangat penting untuk pertumbuhan keterampilan motorik halus. Semakin sering berlatih mencoret, kemampuan menggenggam alat tulis anak semakin baik. Hal ini menguntungkan ketika anak mulai belajar menulis di sekolah.

"Mencoret-coret merupakan tahapan awal untuk melatih kreativitas anak. Semakin sering melakukan kegiatan mencoret-coret maka kemampuan menggenggam alat tulis anak tentunya semakin baik," ungkap Diantari kepada Jitunews di Kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Tips Mengajarkan Anak Mencorat-Coret

1. Menyediakan kertas dan alat tulis yang tidak tajam seperti crayon.

2. orang tua dapat ikut memulai menggambar agar anak dapat ikut meniru.

3. Alat tulis harus non toxic dan aman ketika masuk mulut anak

4. Biarkan anak memilih warna dan menggambar tanpa diberikan kritik untuk melatih kemandiriannya.

5. Jangan lupa memuji proses dan juga hasil gambar anak.

"Adapun manfaat kegiatan mencoret-coret bagi anak adalah melatih motorik halus anak sebagai persiapan belajar menulis, melatih kemandirian dengan memilih warna sendiri ketika mencoret-coret dan bisa melepaskan rasa cemas dan stres pada anak," kata Diantari.

Comments