[TIPS] Mudah Belajar Bahasa Baru


Beberapa orang menganggap bahwa belajar bahasa cukup sulit. Sebab mereka tidak terbiasa dengan kebudayaan dari daerah tempat bahasa tersebut berasal. Tetapi, sebenarnya ada beberapa trik untuk memudahkanmu mempelajari bahasa baru, lho.

Biasakan mencatat

Salah satu cara yang mudah untuk mengingat adalah dengan mengulang kembali. Contohnya, mengucapkan suatu kata secara berulang-ulang atau menuliskannya di sebuah buku catatan khusus. Ketika kamu menemukan sebuah kata sulit, kamu bisa mencatatnya, dan lama-kelamaan kamu bisa memiliki kamus mini buatan sendiri.

Eits! Tapi buku catatan ini tidak hanya untuk mencatat kosa kata, lho. Sebab, kamu juga bisa mencatat kegiatan harianmu di sini. Tentu saja catatanmu itu menggunakan bahasa yang kamu pelajari. Dengan begitu, kamu akan terbiasa menulis dalam bahasa tersebut.

Rajin berlatih

Teori akan menjadi lebih baik bila diiringi dengan praktik. Karenanya, ketika mempelajari sebuah bahasa, kamu juga bisa mengajak temanmu untuk berbicara dalam bahasa tersebut. Hasilnya, kalian lebih terbiasa dengan percakapan sehari-hari.

Menonton film dan mendengarkan musik

Jika kegiatan belajar terasa membosankan, maka menonton film dan mendengarkan musik tentu lebih menyenangkan. Nah, ketika kamu mempelajari sebuah bahasa, kamu bisa mencari film-film dan lagu yang menggunakan bahasa tersebut. Lalu, gunakan film dan musik itu sebagai media pembelajaran yang lebih menyenangkan.

Mencari teman dari luar negeri

Ini termasuk metode praktik yang cukup menarik, SoBer, yaitu melatih percakapanmu dengan penutur asli bahasa tersebut. Dengan begitu, kamu akan tahu di mana kesalahan pengucapan atau penulisanmu.

Nah, itulah beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mempelajari sebuah bahasa baru.

Comments