[TIPS] Perlukah Menyiapkan Dana Pendidikan?


Menyekolahkan anak sampai ke bangku perguruan tinggi bisa jadi adalah harapan setiap orang tua. Pendidikan yang baik dan terjamin bisa mengantarkan anak pada berbagai kesempatan yang menjanjikan di masa depan.

Satu hal yang perlu dipersiapkan untuk menggapai mimpi tersebut adalah ketersediaan dana yang cukup. Karena tidak jarang, kekurangan dana menjadi batu sandangan anak untuk mengenyam pendidikan.

Oleh sebab itu, menurut penasehat keuangan, Ligwina Poerwo-Hananto, para orang tua harus menyiapkan dana pendidikan bagi anak-anaknya dan harus disiapkan sejak awal.

"Ketika anak lahir, orang tua sudah harus mulai memikirkan dana pendidikan untuk anaknya. Harus membuat perencanaan tetapi perencanaan yang tidak statis, yang sefleksibel mungkin karena segala sesuatu selalu berubah," kata Ligwina dalam konferensi pers yang diadakan Nutrilon Royal untuk mengajak para ibu memaksimalkan potensi anak dengan pemberian nutrisi yang baik, pada hari ini di Jakarta.

Dana yang disiapkan adalah uang pangkal dari TK sampai Sekolah Menengah Atas (SMA) dan total biaya perkuliahan. Untuk uang sekolah anak, biaya kegiatan ekstrakurikuler, dan biaya pendidikan lainnya tidak masuk dalam dana pendidikan, tetapi ditanggung dari arus kas (cash flow) bulanan orang tua.

Ada dua cara mempersiapkan dana pendidikan tersebut yaitu dengan tabungan atau dengan reksa dana. Sebelum menentukan cara mana yang akan diambil, buatlah estimasi dana pendidikan yang dibutuhkan.

Anda dapat memilih reksa dana apabila yang dikejar adalah pertumbuhan aset dan estimasi dana pendidikan untuk anak Anda cukup besar. Namun, apabila estimasi pendidikan Anda tidak terlalu besar dan Anda yakin bisa menyiapkan angka tersebut dengan penghasilan Anda, Anda dapat memilih opsi menabung. Tapi yang perlu diingat, jumlah uang yang ditabung harus disesuaikan untuk mencapai estimasi yang diinginkan.

Ligwina juga menambahkan orang tua harus mempertimbangkan perkembangan karirnya. "Supaya perencanaan dan pengeluaran dapat berjalan beriringan, orang tua harus mengecek perkembangan karirnya sendiri yang nantinya akan mempengaruhi penghasilan mereka untuk menyiapkan dana pendidikan," ujarnya.

Comments