[TIPS] Sikap-sikap Ini Membuat Susah Belajar Matematika


Dari sekian banyak pelajaran yang dipelajari di sekolah, matematika sering punya kesan yang menakutkan. Baru mendengar namanya saja, kadang membuat merinding. Belum lagi kalau udah menghadapi rumus dan soal-soal yang membingungkan.

Sebenarnya bukan tanpa alasan jika takut dengan mata pelajaran yang satu ini. Selain memerlukan ketelitian tinggi, menguasai matematika memang butuh kesabaran tinggi. Makanya, kalau sudah sukses jawab soal matematika, perasaan jadi lega banget. Namun, kalau kamu masih melakukan empat hal di bawah ini, tak heran kalau nilai pelajaran yang satu ini tidak akan bagus.

Usaha setengah jalan

Matematika adalah pelajaran yang sambung menyambung menjadi satu. Tanpa materi di bab pertama, agak sulit untuk kamu menguasai bab berikutnya. Kalau udah menyerah di satu materi awal, dijamin akan susah mengikuti bagian selanjutnya. Jadi, cobalah untuk tarik napas, buang perlahan, lalu lanjutkan perjalanan belajar matematika.

Malas latihan

Sama halnya seperti keterampilan yang lain, matematika dapat kamu kuasai kalau sering-sering latihan soal. Semakin sering menyelesaikan banyak jenis soal, kamu akan semakin jago. Salah satu cara paling jitu adalah dengan menganggap matematika layaknya game yang penuh tantangan. Level 1 berhasil, lalu lanjut ke level berikutnya, jadi mengasyikkan bukan?

Ikut-ikutan

Karena teman mengatakan matematika itu susah, membuat kamu juga memikirkan anggapan yang sama. Padahal, semuanya tergantung sama tingkat usaha yang berbeda-beda. Siapa tahu, diam-diam kamu punya bakat terpendam dalam menyelesaikan soal matematika.

Pusing duluan

Mungkin setelah melihat deretan angka dan huruf itu, kamu jadi malas untuk melanjutkan belajar. Jangan pusing dulu. Kalau kamu tahu maknanya, realitanya tidak akan sesulit itu, kok.

Tentunya kamu tidak akan menyerah hanya karena anggapan kalau matematika itu sulit, bukan? Justru, kamu harus bisa membuktikan kalau kamu bisa. Semangat, ya!

Comments