[INFO] Sepuluh Orang Dengan IQ Tertinggi Di Dunia

Walaupun belum ada metode pasti untuk mengukur level kecerdasan seseorang, namun tes IQ diyakini merupakan metode yang paling tepat untuk melakukan pendekatan tersebut. Hingga saat ini hasil tes IQ sering dijadikan acuan untuk mengukur kemampuan logika, analisis, dan intelektual seseorang.

Dengan mengerjakan tes IQ yang sedikit rumit, beberapa orang ternyata mampu mencapai hasil yang tinggi. Berikut daftar orang dengan IQ tertinggi di dunia.

10. Leonardo da Vinci


Nama Leonardo da Vinci banyak disebut dalam karya-karya agung di dunia. Berbagai bidang keilmuan banyak mengenal namanya. Berbagai spekulasi terus bermunculan mengingat karyanya yang agung namun bisa dihasilkan pada masa itu. Diyakini memiliki IQ antara 180-190, dia dikenal sebagai ahli patung, lukisan, geologi, kartografi, matematika, dan teknik.

9. Marilyn Von Savant


Pada tahun 1980, Marilyn Von Savant mencatatkan namanya dalam Guinness Book of Records sebagai pemegang IQ tertinggi. Wanita kelahiran tahun 1946 ini sekarang masih menjadi kolumnis di kolom 'Ask Marilyn'.

8. Philip Emeagwali


Philip Emeagwali barangkali kurang dikenal. Namun dia memiliki IQ 190. Dia adalah seorang ahli matematika, ahli teknik dan ahli bumi. Dirinya pernah mengajukan gelar PhD pada Michigan University, namun ditolak karena masalah ras. Hingga akhirnya dia pun menuntut pihak universitas.

7. Garry Kasparov


Grandmaster catur legendaris, Garry Kasparov juga merupakan salah satu orang yang memiliki IQ tertinggi di dunia. Dia memiliki IQ 190. Selama karir caturnya, dari tahun 1986 hingga 2005, Kasparov menduduki peringkat 1 selama 225 bulan dari total 228 bulan.

6. Christopher Michael Langan


Christopher Michael Langan merupakan salah satu orang paling cerdas di Amerika Serikat. Dirinya dikeluarkan dari Montana University karena lebih pintar dari dosen pengajarnya. Memiliki IQ 195, Langan mengembangkan CTMU (Cognitive-Theoretic Model of the Universe) atau yang dikenal sebagai Theory of Everything.

5. B.J. Habibie


Mantan presiden Republik Indonesia, B.J. Habibie juga termasuk dalam jajaran orang ber-IQ tertinggi di dunia dengan angka 200! Bukan hanya sukses di Indonesia, nama Habibie bahkan juga diakui dunia. Beliau memiliki jasa besar dalam dunia penerbangan Internasional.

4. Kim Ung-Yong


Saat berusia 6 bulan Kim Ung-Yong sudah mulai belajar bicara. Dan pada ulang tahunnya yang ke-3, dia sudah bisa membaca bahasa Inggris, Korea, Jepang, dan Jerman. Setelah melalui tes, dia mendapatkan hasil IQ 210. Kim Ung-Yong pernah berkarier di NASA selama 10 tahun, hingga kemudian kembali ke Korea Selatan demi mengabdi menjadi seorang pengajar.

3. Christopher Hirata


Pada usia 13 tahun, Christopher Hirata sukses meraih medali emas pada ajang Olimpiade Fisika Internasional 1996. Setahun kemudia, dia masuk California Institute of Technology. Di usia 22 tahun, seperti halnya Terence Tao, Hirata juga mendapatkan gelar PhD dari Princeton. Dengan IQ 225 yang dimilikinya, saat ini dia menjabat sebagai seorang profesor Astrofisika di California Institute of Technology.

2. Terence Tao


Ketika usia 2 tahun Terence Tao sudah menunjukkan ketertarikan pada aritmatika. Dan pada usia 20 tahun, dia mendapatkan gelar PhD dari Princeton. Berapa IQ Terence Tao? 230! Saat ini Terence Tao menjadi profesor di University of California, Los Angeles.

1. William James Sidis


William James Sidis lahir di Amerika Serikat, 1 April 1898. Dia memiliki IQ antara 250 hingga 300. Saat ini, IQ tertinggi sepanjang sejarah. William diyakini sebagai seorang ahli matematika yang tak terbantahkan. Dalam usia 11 tahun, dia sudah masuk Harvard dan berhasil menguasai 40 bahasa asing di masa mudanya.

Siapa sangka nama Albert Einstein tidak muncul dalam daftar 10 orang dengan IQ tertinggi di dunia? Bahkan IQ Albert Einstein yang hanya 160 terkalahkan oleh kecerdasan B.J. Habibie.

Comments