[RESENSI WAHANA] Sensasi Wisata Edukasi Bawah Laut di Seaworld Ancol


Banyak yang tidak tahu, Seaworld Ancol yang memiliki tagline “Edutainment” ini, didirikan demi menyadarkan masyarakat akan pentingnya laut dan pengetahuan mengenai kehidupan laut.

Dalam mempelajari biota-biota tersebut, Seaworld Ancol menyajikannya secara fun, yang tentu saja membuat pengujung mereka tidak bosan dalam mempelajarinya.

Pembelajaran dimulai dari Zona Perairan Tawar, yang memperkenalkan 7.300 ekor biota, terdiri dari 48 jenis ikan dan satu jenis reptil. Melalui zona ini, diperlihatkan bahwa perairan laut dan perairan tawar merupakan dua mata rantai dari daur air di dunia yang tidak terpisahkan.

Pada zona lainnya, yaitu Zona Pesisir atau Laut Dangkal diperlihatkan seperti apa peralihan dari zona wilayah perairan tawar ke zona perairan laut. Aquarium pada zona ini dilengkapi diorama yang menampilkan semirip mungkin dengan wilayah zona pesisir aslinya. Tak mengherankan wilayah ini menarik banyak pengunjung untuk mempelajari lebih lanjut tentang biota zona pesisir.

Sedangkan di Zona Perairan Laut, pengunjung dapat melihat 11.500 ekor biota yang terdiri dari 138 jenis ikan dan avertebrata serta tiga jenis reptil.

Ketiga zona tersebut oleh Seaworld ditampilkan dalam 28 display yang terbagi atas sembilan akuarium perairan tawar dan 19 akuarium serta empat kolam terbuka.

Selain melihat beragam biota dalam aquarium, pengunjung juga bisa secara langsung menyentuh biota yang ada pada wahana Interactive Pool. Wahana Interactive Pool membuat pengunjung bisa mengenal lebih dekat biota-biota laut dan meningkatkan kepedulian mereka terhadap kehidupan lautan.

Yang paling membuat takjub, pengunjung bisa merasakan dikelilingi oleh biota laut pada Main Aquarium Antasena Tunnel, yaitu akuarium raksasa yang menampung hingga lima juta liter air laut serta ratusan jenis biota yang ada didalamnya. Tentu saja perasaan meilhat biota laut yang bebas berenang sangat menyenangkan dan sayang untuk dilewatkan.

Soal kesehatan biota laut yang ada, pengunjung juga tak perlu khawatir. Itu karena disini melalui fasilitas seperti karantina, Sarana Penyiapan Pakan, Sarana Pengelolahan Air, Bengkel, dan Workshop, semua biota laut dirawat dan dipelihara secara baik.

Para pengunjung yang melihat penasaran bagaimana binatang buas seperti hiu dan ikan pari diberi makan oleh para feeder yang pemberani. Feeding Show ini juga diadakan di Main Aquarium pada pukul 11.00 dan 15.30 WIB setiap weekday, serta pukul 11.00, 14.00 dan 16.30 WIB pada setiap weekend.


Feeding Show juga ada di aquarium Otter pada pukul 10.30 WIB setiap hari; Interactive Pool pada pukul 10.00, 13.30, 17.00 WIB setiap hari; Moray Eel pada pukul 14.00 WIB setiap weekday dan 15.00 WIB pada setiap weekend; Sea Turtle pada pukul 14.30 WIB setiap weekend; dan Amazonia pada pukul 13.00 WIB setiap hari.

Sensasi berenang bersama ratusan jenis biota pun bisa dirasakan pengunjung melalui wahana Fun Drive yang dibagi menjadi dua program yaitu Beginner bagi mereka yang tidak memiliki sertifikat menyelam dan Discovery bagi mereka yang memiliki sertifikat menyelam.

Pengunjung juga akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas lain seperti Museum, yang menampilkan awetan koleksi biota-biota laut; Theater, yaitu tempat pengunjung bisa menonton film animasi bertema lautan.

Fasilitas pendukung lainnya seperti Disable Toilet, Wheel Chair & Stroller, Baby Care Room, dan Ruang P3K juga tersedia di sini.

Tak kalah penting, bagi mereka yang ingin membawa cenderamata bisa membeli beragam boneka, baju, topi dan aneka merchandiser lain bertema Seaworld di Merchand Stand.

Pengunjung yang kelaparan juga tak perlu khawatir karena di Seaworld tersedia Food Court yang menyediakan beragam jenis makanan yang cocok bagi keluarga.

Selain menampilkan hiburan dan edukasi kepada masyarakat, Seaworld juga menjadi pusat Konservasi yang membantu usaha pelestarian hewan-hewan langka, seperti penyu sisik, ikan napoleon, dan ikan purba coelacanth.

Bagi mereka yang ingin berkunjung ke Seaworld biaya tiket masuk tak terlalu menguras kantong. Buka setiap hari mulai pukul 09.00-18.00 WIB, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp. 85.000 setiap weekday dan Rp. 100.000 setiap weekend dan liburan atau libur nasional.

Untuk pembelian tiket paket bundling Seaworld Ancol dan Ocean Dream Samudra, tamn bertema yang letaknya berdampingan dengan Seaworld Ancol, pengunjung setiap orangnya hanya dikenakan biaya RP. 160.000 setiap weekdays dan Rp. 200.000 setiap weekend dan atau libur nasional.

Bagi Anda yang masih mempunyai waktu liburan, Seaworld Ancol bisa dijadikan tempat rekreasi yang sangat menghibur dan mendidik anak-anak serta anggota keluarga lainnya tentang mempelajari dan mengetahui seluk beluk kehidupan dunia bawah laut.

Comments